Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menggandeng biro perjalanan wisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah itu pascapandemi COVID-19.

Kepala Disbudporapar Kabupaten Sumenep,  Moh Iksan di Sumenep, Rabu, menjelaskan, sejak tahun 2022, pihaknya mengintensifkan komunikasi dengan biro perjalanan wisata termasuk perwakilan biro perjalanan wisata internasional di sejumlah daerah.

Iksan menyebutkan angka kunjungan wisman ke objek wisata di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pascapandemi COVID-19, masih rendah, yakni ratusan dibanding beberapa tahun sebelumnya yang mencapai ribuan orang.

Menurut dia, komunikasi dengan biro perjalanan wisata itu untuk memberitahukan kesiapan objek wisata di Sumenep untuk dikunjungi wisman pascapandemi COVID-19 sekaligus meyakinkan perwakilan biro perjalanan wisata internasional.

"Ini untuk meningkatkan angka kunjungan wisman ke Sumenep yang untuk sementara belum maksimal. Komunikasi dengan perwakilan biro perjalanan wisata internasional itu agar mereka membawa tamunya ke Sumenep lagi," ujarnya.

Sesuai hasil evaluasi, angka kunjungan wisman ke Sumenep pada tahun-tahun sebelum pandemi COVID-19 mencapai ribuan orang, karena menjadi bagian rute wisata tamu biro perjalanan wisata internasional.

"Mereka ke Sumenep dengan kapal pesiar. Pada tahun ini, baru ada satu kapal pesiar yang ke Sumenep dengan membawa 113 wisman. Semoga saja dalam waktu dekat, ada lagi biro perjalanan wisata internasional yang membawa tamunya ke Sumenep," kata Iksan.

Sesuai data di Disbudporapar Sumenep, pada 2022 hanya 21 wisman yang berkunjung ke ujung timur Pulau Madura ini, dengan rincian 12 wisman ke Pantai Lombang di Kecamatan Batang Batang, 7 wisman ke Museum dan Keraton Sumenep di Kota, dan 2 wisman ke Pulau Gililabak di Talango.

Sementara pada tahun 2023 ini hingga Rabu (12/6) tercatat 128 wisman berkunjung ke Sumenep, yakni 120 wisman ke Museum dan Keraton Sumenep, dan 8 wisman ke Pulau Giliyang di Dungkek.

Pewarta: Abd Aziz/ Slamet Hidayat

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023