Sebanyak 14 atlet triatlon berlatih di pusat latihan Pasir putih Water Sport Situbondo, Jawa Timur, untuk mempersiapkan diri bertanding pada Pra-Pekan Olahraga Nasional (Pra-PON) yang akan dilaksanakan di Jakarta pada Agustus.

Ketua Pengprov Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Jawa Timur Arman Van Kempen di Situbondo, Minggu, mengemukakan 14 atlet tersebut didominasi atlet asal Jawa Timur, tetapi ada pula yang berasa dari berbagai provinsi lain di Indonesia.

"Mereka berasal dari beberapa daerah di Indonesia, di antaranya dari Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Nusa Tenggara Barat. Atlet ini ini berlatih sebagai persiapan Pra-PON yang dijadwalkan dilaksanakan akhir Agustus," kata Arman, sapaan akrabnya.

Selama menjalani latihan olahraga yang berbasis daya tahan tubuh, seluruh atlet dilatih oleh pelatih yang didatangkan dari Brazil.

"Mereka merupakan atlet yang punya mental juara, berlatih dengan penuh semangat. Ya kami mendatangkan pelatih dari Brazil," kata pemilik Pasir Putih Water Sport Situbondo itu.

Arman menegaskan pembinaan atlet triatlon tersebut murni ditujukan untuk meraih prestasi dan bukan komersial. Melatih belasan atlet triatlon potensial juga ditujukan untuk pemerataan prestasi daerah.

"Kami memang melakukan pembinaan, murni untuk prestasi. Dan mengumpulkan atlet-atlet dari beberapa daerah ini untuk pemerataan prestasi daerah," ucap dia.

Arman menambahkan, dengan disiplin latihan yang tinggi dan didukung pelatih berpengalaman para atlet itu akan mampu meraih prestasi gemilang pada Pekan Olahraga Nasional 2024 yang akan digelar di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023