Puluhan personel kepolisiani mengamankan shalat Idul Adha 1444 Hijriah warga Muhammadiyah di halaman Kantor Bakorwil IV Pamekasan, Rabu pagi.

Menurut Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Pamekasan Kompol Bambang Hermanto, total jumlah personel yang diterjunkan guna mengamankan shalat Id warga Muhammadiyah itu sebanyak 73 personel.

"Personel ini merupakan gabungan dari berbagai satuan dibantu TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Pamekasan," katanya.

Ribuan umat Islam dari ormas Muhammadiyah terlihat memadati halaman Kantor Bakorwil yang beralamat di Jalan Slamet Readi Pamekasan itu.

Bertindak sebagai imam dalam shalat Idul Adha itu adalah ustadz Rofiqi, sedangkan khatib adalah Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Sumenep KH Dr Achmad Fauzi Tijani.

Pengamanan oleh petugas gabungan ini mulai pukul 05.00 WIB. Petugas terpaksa memberlakukan pengalihan arus lalu lintas dari dan menuju Jalan Slamet Readi Pamekasan melalui Jalan Simpang Tiga Cokroatmojo di Pasar Sore ke arah selatan, sedangkan yang dari arah Sampang dialihkan melalui Jalan Niaga tembus ke Jalan Jokotole, Pamekasan.

Ia mengatakan  shalat Idul Adha warga Muhammadiyah di halaman Bakorwil IV Pamekasan ini merupakan satu dari 15 lokasi shalat se-Kabupaten Pamekasan.

"Khusus pengamanan di sejumlah titik lain, dilakukan oleh polsek dibantu koramil setempat," tutur Bambang Hermanto.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023