Wakil Rektor 1 Universitas Jember (Unej) Prof. Slamin mengatakan, pendaftar seleksi mandiri mahasiswa baru di kampus Unej, Jawa Timur diprediksi lebih 5.000 siswa.

"Perkiraan tersebut dilandasi data hingga hari Senin ini sudah ada 4.156 pendaftar dan siap mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)," katanya saat memimpin rapat persiapan pelaksanaan seleksi mandiri mahasiswa baru Unej 2023 di aula lantai 2 gedung Rektorat dr R Achmad kampus setempat, Senin.

Optimisme pria yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru Unej itu juga didasarkan pada pendaftar ujian mandiri tahun lalu yang mencapai jumlah 5.694 orang, namun bedanya tahun lalu ujian mandiri Unej masih bersama sejumlah perguruan tinggi swasta di wilayah Besuki Raya.

Ia mengimbau calon peserta seleksi mandiri untuk tidak khawatir karena layanan pendaftaran seleksi tersebut akan terus berjalan meskipun akhir pekan ini libur panjang.

"Bagi peserta yang akan melakukan pembayaran ke BRI saya imbau dapat menggunakan fasilitas ATM, mobile banking, atau internet banking. sehingga proses pembayarannya bisa dilakukan kapan dan dimana saja," tuturnya.

Panduan pembayaran sudah ada di laman semmaba.unej.ac.id dan untuk pendaftaran akan berakhir pada tanggal 30 Juni 2023, selanjutnya untuk UTBK digelar pada tanggal 5-9 Juli 2023 secara luring di kampus Unej.

Panitia telah menyiapkan 22 ruang UTBK yang terdapat di 15 lokasi ujian, serta 790 perangkat komputer yang tersedia di setiap sesi, sehingga dalam satu hari bisa melayani 1.580 peserta dalam dua sesi.

"Nantinya para peserta akan diawasi oleh pengawas ujian dengan ketentuan setiap 20 peserta akan diawasi oleh 1 pengawas," katanya.

Sementara Wakil Koordinator Kehumasan Unej Rokhmad Hidayanto mengimbau peserta UTBK seleksi mandiri tetap menjaga kesehatan dan menggunakan masker saat mengikuti ujian.

Meskipun pemerintah telah mengumumkan perubahan pandemi COVID-19 menjadi endemi, namun panitia tetap mematuhi imbauan pemerintah dalam menjaga kesehatan, salah satunya dengan imbauan tetap menggunakan masker di dalam ruangan ujian.

“Unej berencana menerima 2.050 calon mahasiswa baru dari jenjang diploma, sarjana terapan dan sarjana dari jalur seleksi mandiri. Jumlah tersebut adalah 25 persen dari total jumlah mahasiswa baru Universitas Jember angkatan 2023," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023