Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, mengajak Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Kediri, bersinergi ikut membangun perekonomian kota, sehingga menjadi lebih berkembang lagi.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Kediri Ferry Djatmiko mengatakan pemerintah kota terus mendorong dan menciptakan wirausaha baru, dengan target hingga 15.000 wirausaha baru. Peran serta dari HIPMI tentunya diharapkan turut menyukseskan program tersebut.

"Pemkot getol sekali dalam penciptaan wirausaha-wirausahawan dan lapangan kerja baru di Kota Kediri. Terlebih dari kalangan pemuda. Dengan hadirnya HIPMI di Kota Kediri, kami yakin target tersebut akan lebih mudah tercapai," kata Ferry di Kediri, Jumat.

Ferry dalam pelantikan pengurus baru HIPMI Kota Kediri periode tahun 2023-2026 di Balai Kota Kediri tersebut berharap sinergitas yang baik ini bisa seterusnya terjalin, sehingga mampu menghadirkan manfaat bagi masyarakat Kota Kediri.

"Kami ucapkan selamat bertugas atas pelantikan kepengurusan baru BPC HIPMI Kota Kediri, selamat bertugas dan mari kita pupuk terus sinergitas yang baik ini," kata dia.

Dalam kegiatan ini, ada sebanyak 95 orang pengurus baru HIPMI Kota Kediri dilantik langsung oleh Ketua BPD HIPMI Provinsi Jawa Timur Rois Sunandar Marming. Jumlah ini termasuk besar dibandingkan daerah lain yang serupa, mendekati jumlah anggota di Kota metropolitan Surabaya sekitar 115 orang.

Tintus Radityo Kusumo didaulat untuk meneruskan kepemimpinan Alvian Dwiguntara Putra (Ketum BPC HIMPI 2019-2022) sebagai ketua umum lama HIPMI Kota Kediri, memasuki masa bakti 2023-2026.

Sementara itu, Ketua HIPMI Kota Kediri Tintus Radityo Kusumo mengatakan bahwa HIPMI Kota Kediri siap membangun sinergi dengan Pemerintah Kota Kediri.

"Kami siap membangun sinergi dengan seluruh elemen dan stakeholder di Pemerintahan Kota Kediri utamanya dalam mendongkrak perekonomian daerah sebagaimana tema pelantikan ini yakni 'Harmoni HIPMI, Bangkitkan Ekonomi Kota Kediri'," kata pria yang bergerak di bidang usaha kuliner ini.

Ketua Dekranasda Kota Kediri Ferry Silviama Abdullah Abu Bakar sebelumnya telah menjelaskan, pada tahun 2023 ini, Kota Kediri menargetkan sebanyak 3.110 wirausaha baru.

Istri Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar tersebut menjelaskan terdapat beberapa jenis pelatihan yang difasilitasi oleh Kantor Dinkop UMTK Kota Kediri untuk sebagai bagian menciptakan wirausaha baru.

Beberapa program pelatihan juga bersinggungan langsung dengan Dekranasda Kota Kediri, misalnya kegiatan kriya dan kuliner. Diharapkan jenis-jenis pelatihan yang diberikan tersebut dapat menjawab tantangan zaman.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023