Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Agus Triyono menyebutkan bahwa kawasan objek wisata pantai menjadi penopang perekonomian warga di sekitarnya sehingga masyarakat diimbau menjaga kebersihan dan kelestarian pantai.

"Bersih-bersih pantai bermanfaat untuk menopang wisata di Kabupaten Lumajang, apalagi Lumajang memiliki potensi pantai sepanjang 70 km yang terbentang dari Wotgalih hingga Tempursari," kata Agus Triyono usai kegiatan resik-resik di Pantai Pecak, Desa Selok Anyar Kecamatan Pasirian, Lumajang, Jumat.

Kegiatan bertajuk Resik Resik Pantai menjadi salah satu rangkaian kegiatan South Beach Festival yang bertepatan dengan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023.

Ia mengatakan ratusan relawan dari organisasi masyarakat dan jajaran perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang bersama-sama membersihkan beberapa titik Pantai Watu Pecak.

"Saya juga mengimbau masyarakat untuk mengurangi sampah, terlebih sampah rumah tangga. Limbah sampah plastik dikurangi, sehingga sebisa mungkin memilah sampah rumah tangga," katanya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang Hertutik mengatakan bahwa kegiatan Resik Resik Pantai bertujuan memberikan kesempatan bagi semua pihak untuk terlibat aksi nyata dalam pengelolaan lingkungan hidup.

"Semuanya harus terlibat baik aparat pemerintah, pelaku usaha, pelajar, masyarakat secara kelompok maupun individu untuk melindungi dan melestarikan lingkungan hidup," ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan itu juga bertujuan untuk menggugah kembali kesadaran semua pihak bahwa pengelolaan lingkungan hidup dilakukan secara nyata dengan menerapkan pendekatan keberlanjutan yang menjadi tolok ukur modernitas pembangunan berwawasan lingkungan di Kabupaten Lumajang.

"Yang terpenting adalah kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah dengan benar. Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi dan mengendalikan penggunaan sampah plastik," katanya.
 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023