Universitas Muhammadiyah Surabaya membuka  pendaftaran mahasiswa baru dengan menggunakan skor atau nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat masuk.

Wakil Rektor III UM Surabaya Ma’ruf Sya’ban di Surabaya, Rabu mengatakan kebijakan ujian masuk menggunakan nilai UTBK di kampusnya sudah berjalan sejak lima tahun terakhir, sebagai upaya memudahkan para pendaftar dalam proses pendaftaran.

"Tes UTBK tentunya sangat akurat dan kredibel sehingga layak untuk mengukur kemampuan awal calon mahasiswa. Ada sekitar 29 jurusan di UM Surabaya yang bisa diakses melalui jalur UTBK," kata Ma’ruf yang membidangi kemahasiswaan inovasi dan sumber daya manusia.

Ia mengatakan bahwa seleksi masuk jalur UTBK tidak bisa digunakan untuk dua fakultas di UM Surabaya yakni Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG).

Kepala Lembaga Informasi dan Penerimaan Mahasiswa Baru (LIPMB) UM Surabaya Radius Setiyawan menjelaskan teknis alur pendaftarannya tidak jauh berbeda dengan jalur regular, yang membedakan adalah pendaftar jalur UTBK dibebaskan dari ujian tulis apabila skor UTBK-nya sesuai dengan standard yang telah ditentukan.

"Pendaftar dapat menggunakan skor nilai UTBK dua tahun tahun terkahir 2022 dan 2023. Setelah melakukan pendaftaran online, pendaftar menyerahkan sertifikat skor UTBK, apabila dinyatakan lulus, pendaftar bisa langsung mengikuti serangkaian tes lanjutan," ujar Radius.

Ia juga menjelaskan pendaftaran khusus jalur UTBK dibuka hingga 31 Agustus mendatang.

"Pendaftaran khusus jalur UTBK akan kami tutup bersamaan dengan penutupan pendaftaran untuk gelombang 3," katanya.

Sementara itu, untuk besaran biaya formulir UM Surabaya sebesar Rp350.000. Info selengkapnya pendaftar bisa mengakses laman resmi um-surabaya.ac.id dan bisa berkonsultasi di nomor 085852446337 (WA/Telepon).

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023