Wadah sosial kemasyarakatan Ruang Wong Alit (Rawit) mengoptimalkan kegiatan bakti sosial  dan sambang warga dengan menyantuni warga lanjut usia (lansia) di sejumlah kawasan Kota Surabaya, Jawa Timur.

"Kemarin (20/6), kami kembali menyantuni para lansia di kawasan Ambengan, Tambaksari, Surabaya," kata pendiri Rawit, Kartuji melalui keterangannya di Surabaya, Rabu.

Menurut dia, kegiatan bakti sosial dan sambang warga tersebut sudah rutin dilakukannya selama kurang lebih mulai 2,5 tahun yang lalu.

"Ini adalah bentuk kepedulian kami kepada warga terutama bapak dan ibu lansia," ujarnya.

Menurut salah satu tokoh masyarakat setempat bahwa di wilayah Ambengan banyak bapak dan ibu yang sudah memasuki usia lanjut yang butuh bantuan sosial.

"Atas informasi dari ketua RT 6 tersebut, kami terpanggil untuk datang ke wilayah tersebut dengan membagikan bahan makanan pokok yang di harapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan warga," ucap Mas Ji panggilan akrab Kartuji.

Baca juga: IGTKI-Rawit wadahi anak Surabaya latih kemampuan mewarnai

Mas Ji bersyukur bapak ibu lansia ceria dan senang atas kedatangannya. Para lansia tersebut, lanjut dia, enak diajak berinteraksi karena memang giat ini di konsep dengan duduk bersama sambil bincang–bincang santai. 

Bahkan banyak bapak ibu lansia yang menyampaikan uneg–uneg berbagai macam persoalan yang terjadi di wilayah Ambengan Batu, seperti halnya tentang usaha warung yang sepi dan juga proses pemilahan terkait ditetapkan atau di coretnya status warga yang hendak menerima bantuan sosial dari pemerintah.

Pada kesempatan itu, Mas Ji  juga mengantarkan langsung bahan makanan pokok ke sejumlah warga lansia dengan berjalan kaki menyusuri gang–gang sempit di wilayah RT 6 Ambengan Batu. 

"Alhamdulillah, saya tahu langsung bagaimana kondisi dan sitiuasi tempat tinggal warga tersebut, karena memang beliau–beliau sudah sepuh (tua).  Dan yang patut di apresiasi, warga di RT 6 ini sangat guyup rukun dan saling membantu satu sama lain," ujar Mas Ji yang juga caleg dari Partai Golkar dapil 2 Surabaya ini.

Ketua RT 6 Ambengan Batu, Budiawan mengucapkan terima kasih atas kunjungan Rawit. Ia berpesan kepada Rawit untuk terus hadir di tengah–tengah masyarakat terutama yang membutuhkan bantuan. 

"Terima kasih atas kepeduliannya. Semoga ini menjadi penyemangat bagi warga kami yang membutuhkan," kata Budiawain.

Mendapati hal itu, Mas Ji mengatakan, Rawit didirikan salah satu tujuannya untuk membantu warga dan juga membantu Pemkot Surabaya apabila ada masyarakat yang kurang mampu dan belum tersentuh bantuan.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023