Wilayah Kota Batu di Jawa Timur memperkuat pendidikan ramah lingkungan melalui program studi tiru ke sejumlah sekolah adiwiyata di Jawa Tengah yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu.

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai di Kota Batu, Selasa, mengatakan untuk mewujudkan sekolah adiwiyata yang ramah lingkungan itu, diharapkan para tenaga pendidik bisa mendapatkan pengetahuan baru untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

"Saya bangga melihat semangat tenaga pendidik untuk terus mengembangkan diri. Semoga studi tiru ini bisa meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan sekolah," kata Aries.

Pada program studi tiru di sejumlah sekolah di Jawa Tengah tersebut diikuti sebanyak 65 orang yang terdiri dari kepala sekolah, koordinator adiwiyata, tim pembina gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup, serta tim penilai sekolah dari berbagai jenjang pendidikan di Kota Batu.

Menurutnya, ada sejumlah sekolah yang menjadi sasaran program studi tiru tersebut, yang telah berhasil meraih predikat adiwiyata, baik dari jenjang Internasional, nasional maupun mandiri, seperti ASEAN ECO SCHOOL yang diraih oleh SMK Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal.

Kemudian, Sekolah Adiwiyata Mandiri SMP Negeri 1 Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo, dan Sekolah Adiwiyata Nasional (SD Tarakanita Solo Baru Kabupaten Sukoharjo. Ketiga sekolah ini dianggap sebagai model yang dapat dijadikan inspirasi oleh sekolah adiwiyata di Kota Batu.

"Kegiatan ini merupakan upaya untuk mengamati dan belajar dari sekolah adiwiyata di Jawa Tengah yang telah sukses dalam menerapkan program adiwiyata," katanya.

Dalam studi tiru tersebut, peserta akan melihat secara langsung mengamati praktik terbaik yang diterapkan oleh sekolah-sekolah adiwiyata di Jawa Tengah dalam mengintegrasikan kegiatan ramah lingkungan.

Diharapkan, melalui studi tiru yang dilaksanakan pada 13-15 Juni 2023 itu, para peserta bisa mendapatkan inspirasi dan wawasan baru yang akan membantu mereka dalam meningkatkan kualitas pendidikan sekolah adiwiyata di Kota Batu.

"Dengan demikian, Kota Batu dapat terus berperan sebagai model pendidikan ramah lingkungan dan semakin menguatkan reputasinya sebagai salah satu kota pariwisata di Indonesia," katanya.

Sekolah adiwiyata merupakan sekolah yang peduli dengan lingkungan sehat, bersih, serta indah. Dengan adanya program adiwiyata tersebut, diharapkan seluruh masyarakat di sekitar sekolah bisa menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat.

Adiwiyata, secara internasional disebut sebagai green school yang merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023