Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi semangat juang dan tanding atlet ASEAN Para Games 2023 yang telah mengharumkan nama baik Indonesia di kancah internasional. 

"Kami atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jatim menyampaikan apresiasi serta ucapan selamat atas seluruh pengabdian, perjuangan, serta kerja keras sehingga mendapatkan prestasi membanggakan bagi Indonesia," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Minggu.

Indonesia dipastikan keluar sebagai juara umum ASEAN Para Games 2023 di Kamboja.

Sampai akhir pertandingan pada 9 Juni 2023, Indonesia telah mengoleksi 401 medali, terdiri dari 159 emas, 148 perak dan 94 perunggu. 

Indonesia unggul dari pesaingnya Thailand, yang menempati peringkat kedua, dengan meraih 126 medali emas, 109 perak, dan 92 perunggu. Vietnam membuntuti di peringkat ketiga dengan 66 medali emas, 58 perak, dan 77 perunggu.

ASEAN Para Games merupakan pesta olahraga difabel dan menjadi ajang multi-olahraga yang diselenggarakan oleh Komite Paralimpiade setiap empat tahun sekali bagi atlet-atlet disabilitas.

Kontingen Indonesia berhasil menorehkan hattrick juara umum tiga kali berturut-turut pada ASEAN Para Games. Sebelumnya Indonesia sukses menjadi juara umum pada ASEAN Para Games 2022 di Solo dan 2017 di Malaysia. 

Khofifah menjelaskan pada ASEAN Para Games 2023, Jatim menerjunkan kontingen yang terdiri dari 14 atlet, 3 pelatih dan 1 manajer.

Cabang olahraga yang diikuti meliputi atletik, bulu tangkis, judo, sepak bola, renang, tenis meja, panahan, voli duduk dan tenis meja. 

Selama laga yang berlangsung sejak tanggal 1 hingga 9 Juni 2023, atlet asal Jatim menyumbang total 39 medali yang terdiri dari 19 emas, 17 perak dan 3 perunggu.

Khofifah mengungkapkan, dari total raihan medali tersebut, atlet Jatim asal Gresik Maulana Rifky Yavianda  berhasil meraih 7 emas sekaligus untuk cabang olahraga para renang

Selain itu, atlet  para renang Jatim asal Nganjuk Mutiara Cantik Harsanto yang merupakan disabilitas daksa menyumbangkan  2 emas dan 4 perak.

"Alhamdulilllah, atlet para games Jatim telah ikut mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh atlet para games Jatim atas raihan prestasinya yang luar biasa," ucap Khofifah.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023