Manajer Tim Nasional (Timnas) Indonesia Sumardji setiap hari memberikan motivasi untuk menguatkan mental para pemainnya menjelang FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina.
 
"Jadi kalau kaitannya soal mental, kami harus kuatkan betul karena itu bagian dari evaluasi, jadi mental pemain timnas senior harus ada perlakuan khusus," ucap Sumardji di Surabaya, Minggu.
 
Oleh karena itu, perwira menengah Polri tersebut harus lebih dekat dengan pemain dan selalu memberi nasehat agar tidak takut menghadapi siapapun lawannya.
 
"Terutama saya harus lebih dekat dengan teman-teman semua, ya intinya saat menghadapi lawan siapapun jangan sampai ada rasa minder, jangan takut, sama saja seperti menghadapi lawan yang levelnya sama," ujar pria kelahiran Nganjuk tersebut.
 
Menurut dia, pemberian motivasi untuk menguatkan mental tidak bisa hanya sehari maupun dua hari terlebih semua pemain banyak yang belum gabung.
 
"Setiap hari wajib diberi motivasi untuk menguatkan mental pemain," tuturnya.
 
Meskipun begitu, dirinya untuk sementara tidak menyiapkan tim psikologi khusus bagi para pemain.
 
"Sementara untuk FIFA Matchday kali ini tidak menyiapkan tim psikologi khusus karena jumlah pertandingannya tidak banyak," kata Sumardji.
 
Namun, lanjutnya, jika ada even-even yang jumlah pertandingannya banyak maka dirinya akan langsung mendiskusikannya dengan Shin Tae-yong.
 
"Kami diskusi terkait penambahan tim psikologi yang bisa mendekat bersama-sama tim," ujar mantan Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Sidoarjo tersebut.
 
Sementara itu, pemain tengah Timnas Indonesia Marc Klok mengatakan harus menambah persiapan yang lebih untuk menghadapi negara yang berada di atas Indonesia.
 
"Harus menambah persiapan lebih, supaya hasilnya maksimal dan dapat meraih prestasi juga," ucapnya.
 
Selain itu, pemain dari Persib Bandung tersebut juga berpesan untuk selalu dalam kondisi yang fit sebelum hingga menjelang pertandingan berlangsung.
 
"Tetap fit dan enjoy karena akan ada kebanggaan bisa membela Timnas Indonesia," kata pesepak bola yang memiliki tinggi 177 sentimeter tersebut. 

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023