Kepolisian Resor Jombang, Jawa Timur, mengajak pengemudi ojek daring untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas guna mencegah terjadinya kecelakaan di jalan raya.

"Kepada rekan - rekan pengemudi ojek daring, kami mengimbau untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas yang bertujuan menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Jombang," kata Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus di Jombang, Jumat.

Kapolres saat dialog dengan para pengemudi ojek daring di kawasan Taman Kebonratu Desa Keplaksari, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, tersebut mengungkapkan bahwa keselamatan berlalu lintas sangat penting.

Ia memberikan edukasi kepada Komunitas Ojek Online Jombang untuk berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), serta mengimbau selalu berhati - hati memarkir kendaraan guna mengantisipasi terjadinya pencurian kendaraan bermotor.

Ia meminta pengemudi ojek daring tidak mudah terprovokasi hal-hal yang dapat mengganggu ketertiban. Hal ini dapat meminimalisir pelanggaran lalu lintas dan menekan angka kecelakaan lalu lintas.

"Saya mengajak para pengemudi daring agar selalu menjaga situasi yang kondusif. Pertahankan silaturahim dengan kepolisian, khususnya Polres Jombang yang telah terjalin," kata dia.

Kapolres meminta apabila ada kejadian tindak pidana segera melaporkan ke kepolisian. Laporan tersebut tentunya akan ditindaklanjuti sesuai dengan aturan yang ada.

"Apabila terjadi tindak pidana di lapangan, segera melapor ke kepolisian setempat termasuk bila ada gangguan kamtibmas," katanya.

Koordinator Komunitas Ojek Online Jombang Nano mengatakan jumlah pengendara ojek daring di Jombang mencapai 1.000 orang.

Ia menyebut jumlah anggota itu merupakan mereka yang aktif maupun yang menjadikan profesi ini sebagai sampingan.

Dia mengapresiasi langkah yang dilakukan Polres Jombang, termasuk sosialisasi tentang tertib lalu lintas. Ia sudah meminta agar anggotanya mematuhi rambu-rambu lalu lintas karena bisa mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, salah satunya kecelakaan.

"Kami terima kasih dengan sosialisasi ini. Kami mengapresiasi kegiatan ini," kata Nano.

Pada kesempatan ini, Kapolres Jombang membagikan bantuan bahan pokok kepada anggota ojek daring yang hadir. Bantuan tersebut diharapkan bisa memenuhi  kebutuhan sehari-hari.
 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023