Kirab unik civitas akademika Fakultas Hukum mewarnai peringatan Hari Lahir Pancasila di Universitas Jember (Unej), diiringi musik tradisional khas kesenian Reog Ponorogo yang membawakan aransemen lagu Garuda Pancasila, Tanah Airku dan beberapa lagu daerah.

"Kirab itu bertujuan menunjukkan bahwa persatuan di tengah kebhinnekaan dan gotong royong segenap elemen bangsa sebagaimana intisari dalam Pancasila adalah kunci utama eksistensi dan kemajuan bangsa hingga saat ini," kata Dekan Fakultas Hukum Unej Bayu Dwi Anggono di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis.

Melalui kirab, lanjut dia, wujud ajakan/kampanye kreatif yang ingin mengajak segenap elemen bangsa termasuk warga kampus dan generasi muda bahwa Pancasila tidak cukup hanya diketahui tapi juga perlu diamalkan dan dijaga bersama dari rongrongan ideologi lain.

"Kirab ini juga merupakan bagian dari agenda kegiatan Pancasila Fest FH Unej dalam rangka menyemarakkan peringatan hari lahir Pancasila," tuturnya.

Sementara keluarga besar Unej yang terdiri dari dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan dan pengurus Dharma Wanita mengikuti upacara bendera dalam rangka Hari Lahir Pancasila 2023 di lapangan upacara kampus setempat.

Dalam pidatonya, Rektor Unej Iwan Taruna mengajak kembali segenap peserta upacara untuk tidak sekadar mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila sebagai ritual saja, namun lebih kepada bagaimana memaknai Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa Indonesia yang terdiri dari beragam suku, agama dan budaya.

"Fakta bahwa bapak pendiri bangsa Indonesia yang memutuskan menggunakan Pancasila sebagai ideologi bangsa adalah sedikit dari warga Indonesia saat itu yang memiliki keistimewaan dapat mengecap pendidikan tinggi," katanya.

Namun walau memiliki kelebihan tersebut, mereka tetap memiliki kepedulian dan semangat untuk memerdekakan bangsanya, sehingga sebagai insan pendidikan tinggi, maka civitas akademika harus mencontoh sikap mulia tersebut.

Upacara bendera Hari Lahir Pancasila juga menandai peluncuran rangkaian kegiatan Semarak Bulan Pancasila Universitas Jember 2023 yang ditandai dengan pemotongan tali balon merah putih yang membawa banner dengan tulisan Semarak Bulan Pancasila Universitas Jember 2023.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023