Pemerintah Kabupaten Probolinggo meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) sudah 10 kali berturut turut sejak tahun anggaran 2013 hingga 2022.

"Opini WTP ke-10 yang diraih secara berturut-turut sejak 2013 itu merupakan sebuah prestasi membanggakan sekaligus tantangan besar yang harus selalu dipertahankan dan terus disempurnakan," kata Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko dalam keterangan tertulis yang diterima di Probolinggo, Jumat.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Kabupaten Probolinggo tahun anggaran 2022 tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK RI Jawa Timur Karyadi kepada Wabup Probolinggo Timbul Prihanjoko dan Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Jatim, Sidoarjo, Kamis (25/5) sore.

"Pemkab Probolinggo juga diapresiasi oleh BPK karena tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan 98,42 persen, tertinggi di Jawa Timur sampai dengan semester II tahun 2022," tuturnya.

Timbul mengaku bersyukur dan raihan opini WTP tersebut merupakan prestasi bersama masyarakat Kabupaten Probolinggo, sehingga pihaknya berharap birokrasi Kabupaten Probolinggo terus mampu untuk senantiasa mempertahankan prestasi itu.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo mengatakan lembaganya puas dan bangga atas kinerja Pemkab Probolinggo sehingga mampu terus mempertahankan opini WTP bahkan sampai 10 kali berturut-turut

Menurutnya budaya opini WTP yang dimiliki Pemkab Probolinggo seperti itu bukanlah perkara mudah karena Pemkab Probolinggo harus mampu selalu menyajikan laporan keuangan secara profesional, akuntabel dan transparan sebagai alat pertanggungjawaban sehingga sesuai dengan harapan bersama.

"Selamat atas diraih nya opini WTP yang ke-10 kali bagi Kabupaten Probolinggo. Mudah-mudahan tahun depan bisa meraihnya lagi dan adanya temuan-temuan BPK wajib ditindaklanjuti dan diperbaiki bersama agar apa yang kami capai selama ini bisa terus dipertahankan," katanya.

Kepala Perwakilan BPK Jawa Timur Karyadi dalam sambutannya memberikan ucapan selamat serta mengapresiasi kepada semua pemerintah daerah yang telah meraih dan mempertahankan Opini WTP sehingga mampu meraih-nya secara berturut-turut.

"Masih ada beberapa temuan yang harus diperhatikan dan terus diperbaiki. Terima kasih atas dukungan jajaran pemerintah daerah di Jawa Timur dengan memberikan data dan berkomunikasi yang baik dengan kami, sehingga perjalanan pemeriksaan berjalan dengan lancar," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023