Kelompok relawan tergabung dalam Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Timur melakukan aksi bersih-bersih di Pantai Mutiara, Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.

Dalam siaran pers diterima di Surabaya, Rabu, Koordinator Daerah Komunitas Nelayan Pesisir Kabupaten Banyuwangi Muhammad Fajar Sidik menyampaikan aksi ini juga diikuti ratusan nelayan yang biasa menjaring ikan dan biota lainnya di perairan setempat. 

"Mereka kompak membersihkan bekas kemasan makanan, ranting pohon, hingga botol minuman yang berserakan di pantai," ujarnya. 

Menurut dia, lingkungan hidup pantai yang bersih memiliki dampak positif terhadap kehidupan masyarakat, khususnya para nelayan yang mencari peruntukkan di wilayah pesisir.

Fajar mengatakan sumber daya hayati di laut yang merupakan sumber penghasilan nelayan juga akan melimpah karena terbebasnya lingkungan hidup dari pencemaran akibat sampah.

“Maka dari itu kami juga mengedukasi nelayan-nelayan tentang lingkungan hidup," ucap dia.

Melalui kegiatan tersebut, Fajar berharap nelayan pesisir di Banyuwangi dapat merasakan bersihnya lingkungan hidup.

“Harapan kami dari Komunitas Nelayan Pesisir Jatim tambah sejahtera. Bisa sama-sama menjaga lingkungan dan jaga kesehatan, dan terpenting adalah alam,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Wilayah Nelayan Pesisir Jatim, Sutriyadi menyebut antusiasme nelayan pesisir dalam membersihkan pantai sangat tinggi, terlebih ketika aksi bersih-bersih dilakukan secara gotong royong. 

“Mari jaga ekosistem laut. Insya Allah juga mendukung penghasilan,” katanya.

Di sisi lain, komunitas Nelayan Pesisir Jatim merupakan salah satu elemen pendukung bakal calon Presiden RI Ganjar Pranowo.

Pihaknya berharap kegiatan yang melibatkan kelompok rakyat terus dilakukan sekaligus meminta doa restu agar pelaksanaan Pemilihan Presiden 2024 berjalan lancar, serta hasilnya sesuai harapan.

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023