Pelaksana harian Ketua KPU Kota Probolinggo Akhmad Faruk Yunus Putra mengatakan bahwa kirab Pemilu 2024 di kota setempat untuk menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan.

KPU Kota Probolinggo resmi menerima bendera merah putih dan pataka logo KPU RI dari KPU Surabaya pada Selasa yang disaksikan oleh Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin dan jajaran Forkopimda di depan Kantor Wali Kota Probolinggo, Jawa Timur.

"Kegiatan itu sekaligus tanda di mulainya Kirab Pemilu Tahun 2024 yang digelar selama tujuh hari di wilayah Kota Probolinggo," kata Plh Ketua KPU Kota Probolinggo Akhmad Faruk Y.

Kirab Pemilu tahun 2024 merupakan agenda nasional yang sudah diluncurkan KPU RI pada 14 Februari 2023 dan Kota Probolinggo menjadi salah satu rute estafet yang dilewati di jalur IV yang diawali dari KPU Provinsi Kalimantan Utara, KPU Provinsi Kalimantan Timur, KPU Provinsi Jawa Timur dan KPU Surabaya.

Menurutnya agenda kirab pemilu itu merupakan bagian dari sosialisasi kepada masyarakat dengan harapan agar Pemilu tahun 2024 berjalan lancar.

"Semoga penyelenggaraan Pemilu 2024 di Indonesia, utamanya di Kota Probolinggo bisa berjalan dengan lancar, aman, damai sesuai dengan jargon kita adalah Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa," tuturnya.

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin bersyukur dan bangga bahwa Kota Probolinggo terpilih dalam rangkaian kunjungan kirab Pemilu 2024.

"Alhamdulillah Kota Probolinggo menjadi titik dalam kirab pataka yang dilaksanakan dalam menyambut Pemilu 2024, tentunya itu suatu kebanggaan dan sejarah bagi Kota Probolinggo karena kita ingin memberikan suatu hal untuk Indonesia," katanya.

Ia berharap melalui kirab itu masyarakat lebih peduli untuk menyukseskan Pemilu 2024 dengan berpartisipasi aktif ikut memilih dalam pesta demokrasi tersebut.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023