Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang telah menerima empat partai politik yang mengajukan nama-nama bakal calon legislatif (bacaleg) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua KPU Kota Malang Aminah Asminingtyas di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis mengatakan bahwa empat partai yang telah mengajukan nama-nama bacaleg tersebut adalah, Partai Hanura, Partai Bulan Bintang (PBB), PDI Perjuangan dan Partai Nasdem.

"Empat partai politik telah mengajukan bacaleg ke KPU Kota Malang," kata Aminah.

Aminah menjelaskan, Partai Hanura dan PBB telah mengajukan nama bacaleg anggota DPRD Kota Malang untuk Pemilu 2024 pada Rabu (10/5), sementara pada Kamis, PDI Perjuangan dan Partai Nasdem juga telah mengajukan berkas serupa.

Menurutnya, empat partai politik tersebut telah menyetorkan masing-masing 45 nama bacaleg, atau mengisi penuh kuota yang disediakan. Berkas dari keempat partai tersebut, juga sudah dinyatakan lengkap dan diterima oleh KPU Kota Malang.

"Masing-masing 100 persen (45 nama bacaleg), setiap dapil terisi. Semuanya lengkap dan dapat diterima," tuturnya.

Ia menambahkan, pada pekan ini ada sejumlah partai politik yang sudah mengajukan jadwal untuk penyerahan nama-nama bacaleg tersebut. Namun, Partai Demokrat yang seharusnya mengajukan bacaleg pada Kamis, menunda hingga konfirmasi lebih lanjut.

"Partai Demokrat belum, sempat menginformasikan hari ini, tapi kemudian mundur. Kita masih menunggu," ucapnya.

Sejumlah partai lain yang dijadwalkan akan mengajukan bacaleg pada 12-14 Mei 2023 antara lain adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Buruh dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Dalam kesempatan itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) DPD Nasdem Kota Malang Hanan Jalil mengatakan bahwa KPU Kota Malang telah menerima berkas pengajuan nama bacaleg untuk DPRD Kota Malang pada Pemilu 2024.

Menurutnya, berkas yang diserahkan DPD Partai Nasdem Kota Malang telah dinyatakan lengkap dan memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan. Selain itu, bacaleg yang diajukan juga telah memenuhi ketentuan 30 persen keterwakilan perempuan.

"Kami dinyatakan lengkap dan diterima oleh KPU Kota Malang. Kami mendaftarkan 45 bacaleg dengan komposisi 30 persen perempuan," katanya.

Ia menambahkan, dari total 45 nama yang diajukan tersebut, sebanyak 30 orang berusia di bawah 30 tahun, sepuluh orang di bawah 40 tahun dan lima orang berusia di atas 40 tahun. Partai Nasdem mengedepankan generasi muda pada Pemilu 2024.

"Karena saya yakin ke depan adalah era kaum milenial. Partai Nasdem adalah rumah besar kaum pergerakan, jadi sangat terbuka bagi siapa pun dan kami mengedepankan generasi muda," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pada pekan ini ada sejumlah partai politik yang akan mengajukan bacaleg DPRD Kota Malang pada Pemilu 2024 ke KPU. Pengajuan bacaleg tersebut diberi batas waktu hingga 14 Mei 2023.

Beberapa partai politik tersebut diantaranya adalah Partai Demokrat, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Buruh dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023