Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor mengingatkan kepada calon haji berusia lanjut supaya menjaga kesehatan saat menjalankan ibadah di Tanah Suci.

"Cuaca di Mekah diprediksi bisa mencapai 50 derajat Celcius saat ibadah haji berlangsung. Oleh karenanya, persiapkan segala sesuatunya, seperti membawa vitamin dan menjaga pola makan," katanya saat Bimbingan Manasik Haji Massal yang digelar Kementerian Agama Sidoarjo di gedung Rohmatul Ummah, Sidoarjo.

Tahun ini, kata dia, sebanyak 2.300 orang calon haji asal Sidoarjo akan berangkat ke menunaikan ibadah.

Ia berpesan kepada calon haji khusus lanjut usia untuk selalu patuh kepada petugas haji yang mendampingi dan meminta petugas haji untuk memperhatikan jamaah.

"Petugas kesehatan haji diharapkan sabar dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada jamaah yang didampingi," ujarnya.

Gus Muhdlor, sapaannya akrabnya, mengatakan Sidoarjo menjadi kabupaten dengan jumlah calon haji terbanyak di Jawa Timur.

Ia mengatakan saat ini terdapat 85.580 warga Sidoarjo yang telah mendaftarkan diri untuk berangkat haji dan menunggu sampai 35 tahun ke depan.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sidoarjo Moh. Arwani mengatakan dalam pemberangkatan ibadah haji tahun ini terdapat porsi lansia dan cadangan.

"Porsi lanjut usia jumlahnya 34 orang dan 262 orang porsi cadangan. Sehingga, total keseluruhan 2.596," ucapnya.

Ia mengatakan sampai 5 Mei 2023, calon haji yang telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) sebanyak 1.992 orang. Pelunasan tersebut diperpanjang sampai 12 Mei 2023.

"Mudah-mudah bisa terpenuhi, untuk Sidoarjo ini dikasih kuota 2.596 orang dan Alhamdulillah mendapatkan tambahan porsi cadangan 147 orang," ujarnya.

Ia mengatakan bimbingan manasik haji massal digelar tiga angkatan, pertama digelar tanggal 8-9 Mei 2023, angkatan kedua mulai tanggal 10-11 Mei 2023 dan angkatan ketiga tanggal 15-16 Mei 2023 di gedung Rohmatul Ummah Sidoarjo.

"Yang ikut bimbingan manasik haji ini sebanyak 1.992 calon haji yang telah melunasi Bipih," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023