Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri menerima satu berkas pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) dari Partai Hanura untuk mengikuti Pemilihan Umum 2024.

"Untuk partai lain memang ada yang sudah konfirmasi untuk pendaftaran juga, jadi kami tunggu," kata Komisioner KPU Kota Kediri Wahyudi di Kediri, Rabu.

KPU masih membuka pendaftaran untuk pengajuan bakal calon legislatif Kota Kediri hingga tanggal 14 Mei 2023.

KPU membuka pendaftaran mulai jam 08.00 WIB hingga jam 16.00 WIB, dan di hari terakhir dibuka hingga 23.59 WIB.

Untuk partai yang sudah konfirmasi akan mendaftarkan bakal calon legislatifnya yakni PDI Perjuangan, Partai Nasdem dan PKS. Sedangkan, partai lainnya masih belum terkonfirmasi.

Untuk partai yang terdaftar di KPU Kota Kediri, Wahyudi mengatakan ada 17 partai dari total 18 partai yang merupakan peserta Pemilu 2024. Dari jumlah itu, yang tidak ada hanya Partai Buruh.

Terkait dengan teknis pendaftaran, Wahyudi mengatakan partai membawa formulir yang isinya rekapitulasi data dari masing-masing calon legislatif dan surat persetujuan dari DPP partai bersangkutan.

Untuk data masing-masing calon legislatif sudah diunggah di aplikasi Silon, yakni Sistem Informasi Pencalonan yang merupakan aplikasi untuk pendaftaran calon anggota legislatif.

"Untuk administrasi masing-masing calon legislatif di apikasi Silon. Jadi, partai ke KPU yang dibawa adalah rekapitulasi dan surat persetuan dari DPP," kata dia.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Hanura Kota Kediri Bambang Giantoro mengatakan ada 30 orang yang didaftarkan menjadi bakal calon legislatif.

"Target kursi sebanyak-banyaknya. Kalau dulu dua kursi, semoga bisa satu fraksi ini. Untuk calon legislatif lengkap, ada 30 dari berbagai macam profesi, ada yang pengacara, pensiunan, pengusaha," kata dia.

Pihaknya juga memberikan kebebasan kepada bakal calon legislatif untuk strategi pemenangannya dalam Pemilu 2024.

Namun, pengurus DPC Hanura tetap memberikan masukan kepada calon wakil rakyat yang maju dari partainya.

"Ini supaya semuanya bisa mendapatkan hasil maksimal. Tapi kalau sudah di lapangan kami serahkan masing-masing kepada mereka," kata Bambang.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023