Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyematkan tanda kehormatan Republik Indonesia Satyalancana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia kepada 750 guru di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada 5 Mei 2023.

"Penyematan tanda kehotmatan ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 63/TK/Tahun 2022 yang diserahkan secara bertahap," katanya melalui keterangan tertulis di Surabaya, Senin.

Gubernur Khofifah menyampaikan rasa bangga dan syukurnya atas seluruh perjuangan para guru penerima Satyalancana yang telah mengabdi selama 10 hingga 30 tahun.

“Terima kasih bapak/ibu guru  sudah melakukan banyak ikhtiar membawa harum nama sekolah, Jatim dan Indonesia," ujarnya.

Khofifah menungkapkan, melalui perjuangan dan pengabdian para guru, selama empat tahun berturut-turut lulusan SMA/ SMK Jatim berada di peringkat pertama nasional diterima Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tanpa tes melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). 

Khofifah juga menyampaikan terima kasih atas peran para guru mengharumkan nama sekolah, nama provinsi Jatim dan Indonesia melalui berbagai prestasi di banyak kejuaraan bidang pendidikan. Salah satunya Olimpiade Sains Nasional.

“18 tahun juara umum Olimpiade Sains Nasional dipegang provinsi tertentu. Namun selama tiga tahun berturut-turut, mulai 2020, 2021 dan 2022 juara umumya Jatim. Semua ini berkat doa dan ikhtiar para guru. Kita harus tetap kerja keras untuk mempertahankannya ,” ucapnya.

Pewarta: Hanif Nahsrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023