Panglima Komando Daerah Militer V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Farid Makruf mengapresiasi para Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang berhasil menunjukkan prestasinya lewat ajang sayembara "Brawijaya Award".

"Para Babinsa adalah garda terdepan dalam pembinaan teritorial dan komunikasi sosial dengan masyarakat," kata Mayjen TNI Farid Makruf, dalam keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Sabtu.

Adapun program yang harus dilakukan oleh Babinsa di wilayah kerjanya yakni bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Pastinya, program tersebut ditujukan untuk mengatasi segala kesulitan yang dialami warga di setiap wilayah teritorial Babinsa," ucap mantan Kepala Penerangan Kopassus tersebut.

Secara teknis, kata dia, Babinsa akan memaparkan program-program pengabdian yang mereka rencanakan di setiap wilayah teritorialnya.

"Terdapat 10 kategori program yang akan dilombakan," kata Pangdam.

Program-program tersebut yaitu, soal ketahanan pangan, aksi sosial, kesehatan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, kepedulian terhadap pendidikan, pemberdayaan pemuda, olahraga, toleransi antar umat beragama, peduli lingkungan dan pelestarian budaya.

"Kegiatan ini melibatkan 330 personel Babinsa dari 33 Kodim di jajaran Kodam V/Brawijaya. Babak awal kompetisi tersebut, Babinsa memaparkan program-program pengabdian mereka di depan Dewan Juri selama sejam. Sebanyak 50 Babinsa dengan program terbaik akan melaju ke babak berikutnya. Dewan juri akan menilai langsung pelaksanaan program di wilayah kerja masing-masing," ujarnya.

Pada akhir kompetisi, lanjutnya, akan dipilih tiga Babinsa terbaik untuk masing-masing kategori dan satu Kodim terbaik dengan Babinsa peraih penghargaan terbanyak.

"Inisiatif ini diharapkan menjadi program rutin dan nasional di jajaran TNI Angkatan Darat serta menginspirasi banyak pihak untuk terus mengabdi demi bangsa," kata perwira tinggi asal Madura tersebut.

Menurut lulusan Akmil tahun 1991 tersebut, "Brawijaya Award" harus bisa dijadikan sebagai ajang motivasi bagi para Babinsa agar dapat berbuat yang terbaik bagi masyarakat di sekitarnya.

"Brawijaya Award" juga mendapat dukungan dari mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  Dahlan Iskan, yang juga turut meluncurkan sayembara tersebut di Aula Hayam Wuruk, Makodam V/Brawijaya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023