Kota Surabaya terkenal dengan kawasan metropolitan, banyak gedung pencakar langit berdiri gagah. Namun Ibu Kota Jawa Timur itu punya beragam lokasi pariwisata, salah satunya Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran.

Lokasi THP Kenjeran berada di wilayah Surabaya Utara, tepatnya di Kecamatan Bulak. Biaya masuknya hanya Rp15 ribu per orang, sedangkan bagi pengunjung dengan tinggi di bawah 85 sentimeter tak ditarik tarif masuk.

Melalui kawasan pesisir itu pengunjung tak hanya menikmati nuansa wilayah laut saja, melainkan juga bisa melihat kokohnya "Jembatan Suroboyo" sebagai salah satu ikon Kota Pahlawan yang menghubungkan Jalan Pantai Lama dengan Jalan Sukolilo Larangan.

Kawasan THP Kenjeran juga dilengkapi dermaga tempat bersandar perahu motor yang diperuntukkan bagi para pengunjung.

Wahana perahu bakal membawa wisatawan menyusuri kawasan perairan, jaraknya sekitar 10 kilometer. Hitungannya mulai dari dermaga hingga melintasi kolong "Jembatan Suroboyo", kemudian berputar kembali lagi titik awal keberangkatan.

Setiap perahu mampu mengangkut antara 12-20 penumpang. Biaya yang dikenakan untuk sekali jalan sebesar Rp10 ribu per penumpang.

Tak jauh dari lokasi dermaga kapal, banyak pengunjung anak-anak berenang di tepi pantai dengan didampingi orang tuanya. Mereka juga ada yang membangun istana pasir.

Koordinator Pengamanan UPTD THP Kenjeran Umar Faruq mengatakan terdapat sejumlah orang petugas gabungan disiagakan mengawasi aktivitas masyarakat, khususnya bagi anak-anak yang melaksanakan kegiatan di bibir pantai.

"Untuk darurat dibantu oleh jajaran OPD, seperti dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polair, ada juga pos kesehatan," katanya, Minggu.
Wisatawan anak-anak tengah bermain pasir di bibir pantai THP Kenjeran Surabaya, Minggu (24/4/2023). (ANTARA/Ananto Pradana)

Pengunjung bisa menikmati semilir angin, banyak pepohonan rindang yang ditanam di THP Kenjeran. Suasana itu menambah kesan menyejukkan bagi wisatawan, sekalipun mereka berkegiatan di kawasan pesisir.

Wisatawan tak hanya disuguhi pemandangan laut, mereka bisa menikmati beragam kuliner di sana.

Hal yang paling menarik, yakni kudapan lontong kupang yang lengkap dengan sate kerang, sambal, dan perasan jeruk nipis.

Kuahnya yang berbahan dari petis itu menyajikan rasa gurih dan sedap. Hidangan itu akan makin lengkap dinikmati bersama es degan atau kelapa muda yang dijajakan para pedagang di sana. Belum lagi jika mendapatkan kesempatan makan dengan duduk "lesehan" di tikar-tikar yang digelar di area THP Kenjeran.

Satu porsi lontong kupang dijajakan Rp10 ribu, harga yang sama juga dipatok untuk satu gelas es degan.

THP Kenjeran juga memiliki sentra oleh-oleh yang menjajakan beragam jajanan, seperti rambak, kerupuk teripang, dan kulit ikan.

Tak jauh dari lokasi stand oleh-oleh, banyak pedagang cenderamata dan mainan anak-anak yang membuka lapak dagangan di kawasan yang sama.(*)

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023