Kepolisian Resor (Polres) Situbondo menyiagakan personel-nya di sejumlah objek wisata untuk pengamanan selama libur Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto di Situbondo, Minggu mengemukakan, anggotanya disebar di sejumlah objek wisata untuk melaksanakan pengamanan selama masa libur Lebaran, di antaranya wisata Pantai Blitok dan Wisata Bahari Pasir Putih (Kecamatan Bungatan), wisata Kampung Kerapu dan Kampung Blekok (Kecamatan Kendit) dan wisata Taman Nasional Baluran (Kecamatan Banyuputih).

"Pengamanan tempat wisata musim libur Lebaran sama seperti tahun-tahun sebelumnya, ada pengamanan di lokasi wisata yang banyak dikunjungi masyarakat untuk liburan maupun pengendara beristirahat sebelum melanjutkan perjalanannya," ujar AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto.

Menurut dia, langkah menerjunkan anggotanya di tempat-tempat wisata tidak lain untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat saat menikmati libur Lebaran.

Selain menerjunkan personel polisi di lokasi wisata melakukan pengamanan dengan berseragam, lanjut Kapolres, ada pula petugas patroli di lokasi wisata untuk menjamin keamanan sekaligus memberikan imbauan agar masyarakat yang berlibur senantiasa waspada dan berhati-hati.

Kapolres menjelaskan bahwa pengamanan di objek wisata melibatkan personel gabungan Operasi Ketupat Semeru 2023, di antaranya Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan instansi terkait lainnya serta menyiagakan Kapal Patroli Satpolairud di lokasi wisata pantai.

"Penempatan personel selama libur Lebaran tidak hanya di lokasi wisata, melainkan juga di titik keramaian lainnya, seperti pusat perbelanjaan, terminal dan tempat lain yang ada aktivitas masyarakat," ujar Kapolres.

Kapolres menambahkan, pada prinsipnya Polres Situbondo senantiasa siaga untuk memberikan rasa aman masyarakat baik yang sedang libur Lebaran dan juga para pemudik.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023