Pemerintah Kota Batu memantau ketersediaan bahan kebutuhan pokok penting untuk masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023.

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai di Kota Batu, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pemantauan pada sejumlah titik, dan menjamin pasokan bahan kebutuhan pokok penting mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Semua tempat yang kami kunjungi sudah sesuai harapan, stok kebutuhan dan distribusi sudah tercukupi," katanya.

Aries bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melakukan pemantauan harga bahan kebutuhan pokok penting termasuk bahan bakar minyak (BBM) pada sejumlah titik, yakni mulai dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) di Jalan Diponegoro Kota Batu.

PT Pertamina, lanjut Aries, akan memberikan pelayanan tambahan dengan mengantarkan BBM kepada masyarakat atau wisatawan di Kota Batu yang kendaraannya mogok akibat kehabisan bahan bakar.

"Untuk wisatawan yang kehabisan bensin di jalanan Kota Batu jangan khawatir, karena dengan layanan Pertamina Delivery Service (PDS) di nomor 135, bensin atau produk Pertamina lainnya bisa dikirim ke lokasi," tuturnya.

Kemudian, pengecekan bahan kebutuhan pokok penting dilakukan pada agen atau distributor beras UD Dharma Niaga, agen atau distributor beras serta elpiji CV Lancar Jaya di kawasan Kelurahan Temas, dan agen atau distributor minyak goreng Tiara Bamandika.

"Beras memang agak naik sedikit, namun dengan  upaya menekan inflasi melalui pasar murah dan distribusi beras Bulog, Saya yakin harga beras akan turun," ujarnya.

Pemerintah Kota Batu telah menyalurkan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk bantuan pangan 2023. Penyaluran cadangan beras pemerintah tersebut akan dilakukan selama tiga bulan ke depan.

Setiap keluarga penerima manfaat akan mendapatkan bantuan sepuluh kilogram beras setiap bulan. Pemerintah Kota Batu telah menyiapkan 90,71 ton beras untuk disalurkan kepada 9.071 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kecamatan Batu, Junrejo, dan Bumiaji.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023