Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Jember, Jawa Timur memastikan bahwa peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) akan tetap terlayani saat libur dan cuti Lebaran 2023 karena pelayanannya tetap dibuka.

"Peserta JKN tetap bisa mengakses pelayanan khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan administrasi kepesertaan JKN saat libur Lebaran," kata Kabid SDM, Umum dan Komunikasi BPJS Kesehatan Jember Fuad Manar di Kantor BPJS Kesehatan setempat, Selasa petang.

Menurutnya layanan tersebut tetap dibuka sesuai dengan kebijakan yang sudah ditentukan yakni pada periode 19 -21 April 2023 dan 24- 25 April 2023 pukul 08.00 -12.00 waktu setempat, sehingga hanya libur saat hari H Lebaran pada22-23 April 2023.

"Para peserta juga bisa memanfaatkan layanan secara daring dengan beberapa channel yang ada seperti Aplikasi Mobile JKN, Chat Asisstant JKN (CHIKA), Voice Interractive JKN (VIKA), Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) hingga BPJS Kesehatan Care Center 165.," tuturnya.

Dalam masa libur lebaran, lanjut dia, peserta JKN dapat mengakses layanan di seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) ketika berada di luar daerah, sehingga bisa dimanfaatka dengan maksimal layanan kesehatan tersebut.

"Apabila peserta berada di luar daerah tempat asalnya, peserta masih dapat mengakses di fasilitas kesehatan yang bukan tempat dirinya terdaftar, sehingga peserta JKN tetap bisa tenang saat mengalami sakit mendadak," katanya.

Ia menjelaskan seluruh fasilitas kesehatan wajib memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN apabila dalam kondisi darurat dan memerlukan penanganan cepat.

"Peserta JKN juga bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan di luar daerah saat melakukan perjalanan mudik, sehingga tetap terlayani dengan baik," ujarnya.

Berdasarkan data BPJS Kesehatan Jember, jumlah peserta JKN di Kabupaten Jember tercatat sebanyak 1.601.984 orang atau 66,15 persen dari total cakupan semesta atau Universal Coverage Health (UHC) mencapai 2.584.233 orang.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023