Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur berkomitmen untuk membantu setiap UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di daerahnya untuk meningkatkan promosi produk usaha mereka di pasar daring.

Promosi dilakukan dengan memanfaatkan akun instagram Bupati Trenggalek Nur Arifin dan istri, Novita Hardini yang memiliki pengikut cukup besar.

"Istilahnya kami bantu endorse (promosi via media sosial). Kami berharap endorsement ini efektif membantu mempromosikan produk UMKM agar semakin dikenal masyarakat luas," kata Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin atau Mas Ipin di Trenggalek, Minggu.

Tak hanya melalui akun instagram istri bupati, Novita Hardini yang mantan model dan memiliki pengikut (follower) besar juga akan melakukan hal serupa lewat program "endorsemen Bu Novita" (e-bun).

Masyarakat dapat mengaksesnya di Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Trenggalek atau berkonsultasi di kantor kecamatan masing-masing.

"Cukup tanyakan program e-bun ini cara mendaftarnya bagaimana. Kalau sudah terdaftar tentunya akan bisa dieksekusi segera. Jadi selain saya di foto oleh HP mereka dan dipajang di toko mereka masing-masing. Saya pun melalui media sosial saya dan akun e-katalog Trenggalek akan memosting produk-produk mereka sebagai bentuk sarana kita memasarkan UMKM dengan cara lebih mendetail lagi," kata Nur Arifin.

Sedangkan dari kelembagaan, promosi juga dilakukan di akun instagram serta kanal youtube milik Dishubkominfo Trenggalek.

Dikatakan, untuk mendapatkan endorse gratis itu cukup mudah. Pelaku UMKM bisa datang langsung di lokasi pelaksanaan program "Mening Deh" (Makaryo Ning ndeso Hebat/bekerja di desa hebat) dengan menyertakan alamat dan nomor telepon untuk memudahkan calon konsumen untuk mengakses.

Nantinya produk-produk itu akan diunggah di akun media sosial Mas Ipin dan Dinas Komunikasi dan Informatika Trenggalek.

"Tidak dipungut biaya apa pun alias gratis," tutur Mas Ipin, sapaab akrabnya.

Endorse gratis kepada pelaku UMKM yang dilakukan dalam kegiatan Mening Deh, sebuah terobosan pendekatan pelayanan secara umum dengan mendatangi masyarakat hingga tingkat desa itu dilakukan untuk mendekatkan pelayanan, khususnya pelaku UMKM. Sebab promosi memiliki andil besar dalam pengembangan sebuah produk.

"Ini sebagai bentuk ikhtiar kita dalam memberikan pelayanan sedekat mungkin kepada masyarakat, khususnya bagi pelaku UMKM," katanya.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023