Pekan Islami ke XVI dalam rangka santunan anak yatim se-Malang raya yang digelar oleh PT Anugerah Citra Abadi (ACA) Malang pada Jumat (7/3) memasuki hari ketiga.

Kali ini penyaluran santunan menyasar ratusan anak yatim di kawasan kecamatan Kasembon, Ngantang, Pujon dan Karangploso. Pada momen ini dihadiri bupati Malang, Drs HM Sanusi.

Dalam kesempatan ini, Sanusi tak hanya menyapa anak-anak yatim tapi juga menyampaikan sejumlah programnya, terutama bagi para anak yatim ini, seperti bantuan biaya sekolah dan berobat gratis. Pasalnya, setiap bulan per siswa diberi bantuan Rp 25 ribu. Selain itu, pihak Pemkab Malang juga memberi bantuan beasiswa Rp 15 juta setiap bulan bagi tiap desa.

“Kalian tidak boleh putus sekolah, harus pintar, karena Allah Swt mengatakan hanya orang-orang pintarlah yang akan dinaikkan derajatnya. Dan tidak ada pihak manapun yang dapat merubah nasib kita kecuali kita sendiri. Pendidikan merupakan hal yang utama dan akan turut menentukan masa depan kita,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Sanusi dan komisaris utama PT ACA, Iwan Kurniawan juga berbagi kebahagiaan lain. Tak hanya memberi santunan dan bantuan peralatan sekolah, mereka pun memberi tebak-tebakan dan motivasi bagi anak-anak yatim ini. Kalian nanti cita-citanya apa? Jadi bupati, pengusaha, kyai atau polisi? Siapa yang hafal surat al-fatihah, doa berbuka puasa dan doa wudu’.

Setelah anak-anak ini menjawab, mereka mendapat hadiah khusus. Tak ayal, suasana ini membawa kegembiraan tersendiri bagi mereka. Kebahagiaan ini pun dirasakan para pendamping anak yatim ini yang mayoritas kaum hawa. Setelah menjawab pertanyaan, mereka mendapat hadiah khusus,yang ditambah lagi dengan mukenah dan sembako.

Senada dengan Sanusi, Iwan pun berpesan akan pentingnya pendidikan bagi anak-anak ini. Sedangkan acara yang dilakukan setiap bulan ramadan seperti ini, merupakan wujud kepeduliannya terhadap sesama umat, maupun sebagai pengusaha yang harus menyisihkan sebagian dari penghasilan yang didapat.

“Semoga ini menjadi keberkahan bagi kita semua, dan bisa membantu pihak-pihak yang memang berhak menerima. Semoga kita juga mendapat berkah bulan ramadhan, bulan suci yang penuh ampunan ini, sehingga kita menjadi umat yang soleh,” kata Iwan.(*)

Pewarta: Achmad Saiful Afandi

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023