Pemerintah Kabupaten Trenggalek menggiatkan Program "Makaryo Ning Ndeso Hebat" (Mening Deh), yaitu salah satu inovasi layanan pemerintahan dengan terjun ke desa-desa, setiap hari mulai Senin hingga Kamis selama Ramadhan ini.

"Baru tahun ini Safari Ramadhan kita juga melakukan safari pelayanan. Jadi Mening Deh yang biasanya setiap Rabu, saat ini kami bawa dalam rangkaian Safari Ramadhan," kata Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin di Trenggalek, Jumat.

Ia berharap program layanan yang disediakan bersamaan dengan rangkaian Safari Ramadhan ini bisa optimal.

Masyarakat juga bisa mengakses pelayanan publik yang disediakan, mulai dari pengurusan identitas kependudukan, pengurusan kode batang (barcode) solar bersubsidi, layanan kesehatan, hingga semua hal berkaitan dengan layanan bidang pertanian, peternakan, maupun lainnya.

Safari pelayanan itu menjadi upaya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di momentum puasa. Selama empat hari dalam sepekan, Program Mening Deh hadir ke desa-desa secara bergantian mulai pukul 14.00 WIB dan dilanjutkan kegiatan Safari Ramadhan.

"Daripada jauh-jauh ya kan. Apalagi bulan puasa. Jadi kami dekatkan pelayanannya ke masyarakat sehingga sambil ngabuburit masyarakat bisa mendapatkan pelayanan," ujar Mas Ipin, sapaan akrabnya.

Selain itu, banyak pelayanan-pelayanan publik lainnya yang dihadirkan secara langsung.

"Di surat edaran, jam kerja kami mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Ada juga yang pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Makanya dengan setiap hari kita Safari Ramadan ini harapannya kan terus, kemudian yang sore ini juga tetap ada pelayanan. Jadi pelayanannya tetap bisa berjalan dengan baik," ucapnya.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023