Sebanyak 345 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kota Madiun, Jawa Timur menerima bantuan sosial (bansos) sembako yang merupakan program dari Kementerian Sosial RI.

Subkoordinator Rehabilitasi Sosial Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial, Dinsos PPPA Kota Madiun, Harlin Prasetyowati mengatakan bantuan tersebut disalurkan melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung.

"Bantuan ini untuk semua PPKS dan khusus yang menerima manfaat pemenuhan kebutuhan hidup layak berupa sembako," ujar Harlin di sela penyaluran bantuan di kantor UPTD Loka Bina Karya Dinas Sosial Kota Madiun Jalan Srindit, Jumat.

Menurutnya terdapat empat kelompok penerima. Yakni, kelompok anak, lansia, disabilitas, dan rentan. Rinciannya, kelompok anak terdapat 90 paket, lalu 100 paket untuk kelompok lansia, 100 paket kelompok disabilitas, dan 55 paket untuk kelompok rentan.

Harlin menyebut tidak hanya itu, ada juga bantuan dukungan aksesibilitas berupa alat bantu kursi roda dan HP khusus Tunanetra untuk 11 penerima serta bantuan pengembangan kewirausahaan untuk enam penerima.

"Jadi kalau ditotal ada sekitar 362 penerima manfaat yang menerima bantuan dari Kemensos RI tersebut," kata dia.

Ia menambahkan ratusan warga Kota Madiun yang menerima bantuan dari Kementerian Sosial tersebut adalah warga yang telah memenuhi kriteria penilaian dari pemerintah pusat,  di antaranya dengan berkebutuhan khusus seperti difabel, lansia, dan rentan miskin.

Sementara, proses penyaluran di gedung pertemuan UPTD Loka Bina Karya Dinsos Kota Madiun berjalan lancar.

Diharapkan bantuan bahan pokok tersebut dapat meringankan para kelompok penerima untuk memenuhi kebutuhan hidup, utamanya selama Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023