Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawanasa berharap kesalehan sosial di tengah masyarakat senantiasa terjaga karena setiap kebaikan yang dikerjakan akan dilipatgandakan pahalanya pada bulan Ramadhan ini. 

"Ini bagian penting, kesalehan sosial itu akan ketemu ruhnya di bulan Ramadhan. Allah melipatgandakan pahala kebaikan, keberkahan dan kemuliaan," ujarnya dalam keterangan tertulis diterima di Surabaya, Jumat.

Menurut dia, kesalehan sosial ini adalah nilai Islam yang menekankan kepedulian sebagai bagian dari ibadah, seperti berbagi, berderma, serta mengayomi sesama.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu juga menyampaikan rasa syukurnya sebab di Bulan Suci ini guyuran rezeki Allah limpahkan melalui muzakki (orang yang mengeluarkan zakat) lalu didistribusikan kepada para mustahiq (orang berhak menerima zakat),  terutama anak yatim dan dhuafa.

"Di antara rezeki-rezeki yang diterima oleh para muzakki atau penyalur zakat, ada hak-hak dari para mustahiq yaitu mereka yang berhak menerima zakat," ucapnya.

Di sisi lain, Gubernur Khofifah melaksanakan Safari Ramadan sekaligus berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yatim dan dhuafa bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jatim di Kabupaten Tuban.

Pada kesempatan tersebut diserahkan bantuan pada Gebyar Santunan 2.000 Anak Yatim, Piatu, Dhuafa, bersama Bersama Bupati, Wakil Bupati dan Forkopimda Tuban di Halaman GOR Rangga Jaya Anoraga, Kamis (30/3).

Safari tersebut merupakan kali kedua usai sebelumnya digelar di Kabupaten Gresik dengan santunan untuk 1.000 anak yatim pada 27 Maret lalu. 

Didampingi Bupati Tuban Aditya Halindra dan Ketua Baznas Jatim KH. Muhammad Roziqi, Gubernur Khofifah menyerahkan bantuan berupa santunan kepada 2.000 anak yatim, bantuan usaha "ZChicken", serta bantuan modal usaha UMKM.

Pimpinan Bidang SDM, Keuangan, dan Umum Baznas RI Kolonel (Purn) Nur Chamdani menyampaikan bahwa "Baznas Award" yang diterima oleh Khofifah merupakan pendukung utama bagi semakin baiknya pengelolaan zakat di Jatim.

"Saya juga mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya atas kolaborasi yang telah dibangun oleh Ibu Gubernur dan Mas Bupati. Masyarakat semuanya mari kita bersama-sama semakin membesarkan Baznas Tuban dan Jatim," katanya.

Sementara itu, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky mengharapkan adanya gelaran yang berkolaborasi dengan banyak pihak ini mampu memberikan dampak pada penurunan angka kemiskinan, peningkatan kesejahteraan masyarakat sekaligus menurunkan angka prevalensi stunting.

Bupati Aditya juga menyampaikan Baznas Tuban telah banyak berkontribusi dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, di antaranya bantuan modal usaha berupa gerobak untuk berjualan, lalu pengairan di sawah serta ternak.

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023