PKK Kota Madiun menjadi juara satu dalam penyusunan program terbaik Jawa Timur kategori pemerintah kota dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51.

Piala dan piagam penghargaan tersebut diserahkan Wali Kota Madiun Maidi kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi di sela peringatan HKG di Gedung Diklat Kota Madiun, Selasa.

Wali Kota Maidi mengatakan PKK memiliki peran penting dalam pembangunan di Kota Madiun, khususnya dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM). Seperti diketahui ada banyak program PKK melalui pokja-pokjanya.



"PKK ini ujung tombak kita di bawah. Mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat. Keberadaan PKK ini penting dan perlu," ujar Wali Kota Maidi.

Karena itu, pihaknya memberikan apresiasi kepada petugas PKK. Sebab, sudah memberikan banyak kontribusi kepada daerah. Salah satunya, dalam upaya menekan stunting atau kasus kekerdilan anak.

PKK turut aktif dalam menekan angka stunting. Mulai pendampingan saat kehamilan, saat sudah lahir, dan lain sebagainya. Tidak hanya melalui Posyandu, tetapi petugas rela datang dari rumah ke rumah untuk mendampingi masyarakat.

"Saya senang, karena kota ini mau diajak maju. Terbukti masyarakatnya aktif, termasuk PKK yang selalu bekerja dengan baik," katanya.



Maidi berharap peringatan HKG kali ini bukan sekedar seremonial belaka. Tetapi, menjadi pelecut semangat untuk lebih baik ke depannya.

Sebelumnya, PKK Kota Madiun juga meraih penghargaan di bidang Keluarga Berencana.

"Semoga PKK kita selalu kompak, tak heran banyak menorehkan prestasi. OPD terkait saya minta selalu mendukung apa yang dibutuhkan PKK," katanya.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023