Ratusan kader dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di tiga wilayah yakni Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur melakukan ziarah Wali Songo untuk menyambut bulan suci Ramadhan 2023.

Ketua Umum Pengurus Pusat Jamiyah Thoriqoh Sathoriyah An Nadhliyah Indonesia KH Muhammad Sofyan Al Mursyid, dalam keterangan tertulisnya di Surabaya Rabu, mengatakan, menyambut baik ratusan orang yang datang jauh-jauh dari berbagai daerah ini untuk berziarah.

"Ziarah ke Wali Songo itu sudah membudaya. sekarang ini PKS ziarah ke Wali Songo ini menjadi suatu tanda bahwa PKS cinta pada para wali. Ini suatu tanda PKS cinta pada perjuangan wali bukan dengan minta-minta di kuburan tapi kita mengenang jasanya para Wali Songo," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PKS Jawa Timur Irwan Setiawan menambahkan, selama tiga hari dimulai Senin, ratusan orang peziarah bakal melakukan napak tilas di makam-makam para Wali Songo yang diawali mengunjungi Makam Sunan Ampel dan akan ditutup di Makam Sunan Gunung Jati, Cirebon bersama Presiden PKS, Ahmad Syaikhu.

"Insya Allah kita semua akan mengikuti kegiatan ziarah wali songo dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. mudah-mudahan kegiatan ini mendapat kelimpahan," katanya.

Bukan sekedar berziarah, lanjutnya, namun hal tersebut juga menjadi momentum bagi mereka untuk kembali memaknai dan meneladani perjuangan para Wali Songo sebagai tokoh-tokoh yang berjasa dalam penyebaran agama Islam di Nusantara.

"Kegiatan ini mudah-mudahan menjadi bagian untuk mendapatkan spirit keberlanjutan dari Wali Songo dan juga agar nilai perjuangan para wali bisa kita teladani dan bisa kita lanjutkan bersama PKS untuk memberikan kontribusi yang terbaik bagi negara kesatuan yang kita cintai," ujarnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023