Sejumlah relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Gus-Gus Nusantara (GGN) menggelar tradisi Megengan untuk menyambut Ramadhan 1444 Hijriyah di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ijtihad Desa Setono Rejo, Kediri, Jawa Timur.
 
“Malam hari ini GGN mengadakan kegiatan Megengan, yaitu ritual Islam yang biasanya dilakukan masyarakat Jawa khususnya Jawa Timur. Ini merupakan bentuk persiapan menyucikan diri menyambut bulan Ramadhan,” ujar Koordinator Wilayah GGN Jawa Timur, Gus Alwy Hasan, dalam siaran persnya yang diterima di Surabaya, Minggu.
 
Menurut dia, digelarnya kegiatan tersebut harapannya masyarakat semakin mengenal pentingnya silaturahmi dan menjaga kebudayaan Nusantara.
 
“Harapan kami agar masyarakat mengenal pentingnya silaturahmi. Seperti yang dicontohkan oleh sosok Pak Ganjar, peduli terhadap adat kebudayaan nusantara Islam,” katanya.
 
Sementara itu, pengurus Ponpes Al Ijtihad Mukhid Zainal mengaku, terbuka dengan adanya kegiatan tersebut dan harapannya penyelenggara atau peserta yang hadir dapat keberkahan. 
 
“Kami berharap di kemudian hari acara ini dapat dilaksanakan kembali. Karena ini sangat bermanfaat, membuka hati dan pikiran. Semoga mendapat keberkahan bagi semuanya,” ucapnya. (*)

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023