Perusahaan Daerah (PD) Rumah Potong Hewan (RPH) Surya membagikan sejumlah papan bertuliskan “Mitra RPH Surabaya Terjamin Aman, Sehat, Utuh, Halal” ke para pedagang daging sapi di Kota Surabaya, Jatim, Kamis.

Direktur Utama RPH Surya H. Fajar A. Isnugroho mengatakan, pembagian papan mitra RPH beserta dengan nama penjual dagingnya sebagai upaya RPH melindungi konsumen dan memastikan warga kota mendapatkan daging sapi segar berkualitas dengan harga murah.

“Ini terutama saat kebutuhan daging meningkat pada Ramadhan dan Idul Fitri,” kata Fajar.

Adapun pembagian papan mitra RH kepada pedagang dilakukan di Pasar Wonokromo, Pasar Mangga Dua, Pasar Keputran dan penjual daging Jalan Arimbi Pegirian, Surabaya.

Fajar mengatakan, para pedagang yang mendapatkan papan Mitra RPH dipastikan mengambil daging sapi jualannya dari hasil pemotongan RPH yang telah memiliki sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan Nomor Kontrol Veterinair (NKV) dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Tahap pertama, lanjut dia, sudah ada 35 pedagang sapi di pasar-pasar tradisional yang mendapatkan papan Mitra RPH Surabaya. Mereka adalah para pedagang yang langsung mengambil dagingnya dari para jagal RPH Surya di Pegirian dan Kedurus.

Menurut dia, Tim Monitoring Daging RPH Surabaya terus mendata jaringan pedagang daging sapi di pasar-pasar tradisional Surabaya yang layak mendapatkan papan Mitra RPH.

Dia berharap warga Surabaya lebih selektif dan membeli daging sapi dari pedagang yang telah memiliki papan Mitra RPH untuk mendukung Gerakan Keamanan Pangan asal hewan.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023