Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) memulai tur pameran pendidikan tinggi "EducationUSA" untuk memberi wawasan terkait peluang belajar di Negeri Paman Sam di Surabaya.

Konsul Jenderal AS di Surabaya Jonathan Alan dalam keterangannya, Rabu, mengajak para pelajar Indonesia, terutama di Kota Pahlawan, untuk memulai perjalanan mereka untuk belajar di Amerika Serikat.

"Dengan lebih dari 4.000 universitas yang terakreditasi nasional dan regional di Amerika Serikat, orang tua dan pelajar Indonesia dapat memilih jenis institusi pendidikan yang tepat bagi mereka," katanya.

Selain itu, menurut dia, EducationUSA dapat membantu mencocokkan program-program kelas dunia untuk memenuhi tujuan karir para pelajar di Indonesia.

Baca juga: Unair terima hibah dari Kedubes Amerika Serikat untuk bangun AWC

Sementara itu, juru bicara Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Mike Quinlan, mengatakan AS terbuka bagi pelajar Indonesia, membangun hubungan pendidikan dan berbagi kesempatan yang dimiliki oleh universitas-universitas unggulan negaranya.

 "Hal ini merupakan merupakan bagian inti dari kemitraan kami dengan Indonesia," ucapnya.

Mengenai pameran tersebut, lanjutnya, kantor-kantor EducationUSA Kedutaan Besar AS di seluruh negeri menyediakan layanan konsultasi gratis secara langsung dan virtual bagi para calon mahasiswa internasional.

"Amerika Serikat juga menawarkan sumber daya dan alat untuk membantu menavigasi langkah-langkah studi di AS. Hal ini termasuk meneliti sekolah, mengidentifikasi peluang bantuan keuangan, melengkapi aplikasi, mendapatkan visa pelajar, dan mempersiapkan keberangkatan," ujarnya.

Baca juga: Kedubes AS tawari pengusaha Jatim buka kantor perwakilan di Amerika

Selain di Surabaya, pameran tersebut juga akan diselenggarakan di Jakarta pada 25 Februari dan Medan pada 28 Februari, untuk di Sumatera hal tersebut merupakan pameran EducationUSA pertama dalam tiga tahun terakhir.

Para pelajar dan orang tua dapat bertemu dengan perwakilan universitas serta perwakilan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Indonesia (LPDP), Komisi Fulbright (AMINEF), dan perwakilan Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Pameran tersebut, juga menampilkan sesi tentang tes bahasa Inggris IELTS dan tips aplikasi, serta diskusi panel tentang kehidupan mahasiswa di Amerika Serikat.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023