Pemerintah Kabupaten Jember dengan Pemerintah Kabupaten Bondowoso menjajaki kerja sama wisata aviasi untuk mengembangkan sektor pariwisata dan meningkatkan perekonomian di dua kabupaten setempat.

"Dari potensi wisata yang dimiliki kedua daerah, kemudian dikolaborasikan menjadi satu paket wisata yang menarik," kata Bupati Jember Hendy Siswanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jember, Jumat.

Bupati Jember yang juga Ketua Korwil Jawa Timur Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) menyatakan dukungan penuh terhadap kerja sama daerah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Saya mempunyai kewajiban untuk mewujudkan Kerjasama Antar Daerah (KAD), kolaborasi Jember-Bondowoso di sektor pariwisata itu akan menjadi kekuatan yang luar biasa bagi perekonomian warga di dua kabupaten," tuturnya.

Sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk memutar uang di daerah, lanjut dia, Pemkab Jember melakukan kerja sama di sektor wisata dan pesan dari Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno juga untuk menyukseskan program Bangga Berwisata di Indonesia.

"Kami putar duit di daerah sendiri yakni di Jember dan Bondowoso melalui kolaborasi sektor wisata aviasi yang menawarkan sensasi baru dalam menikmati keindahan alam Indonesia," katanya.

Hendy menjelaskan wisatawan dapat menikmati keindahan alam dari atas yang berangkatnya dari Bandara Notohadinegoro Jember dengan menaiki pesawat Cessna, kemudian terbang menikmati keindahan Kawah Wurung, Gunung Pyramid, pantai Bandealit, sehingga sensasinya pasti berbeda.

Sementara itu Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rachmat menyetujui usulan yang disampaikan Bupati Jember dan mendukung terlaksananya wisata aviasi tersebut.

"Bondowoso memiliki potensi wisata yang menarik yaitu Wisata Cikasur di Gunung Argopuro yang belum dikembangkan, sehingga wisata aviasi itu akan mendarat di Cikasur karena landasannya sudah ada," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023