Pemerintah Kabupaten Banyuwangi bersama dengan puluhan pelaku usaha setempat membentuk Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSP) untuk mendukung program penanganan balita permasalahan tumbuh kembang atau stunting dan kemiskinan.

Forum gotong royong untuk menangani stunting dan kemiskinan yang merupakan program prioritas Pemkab Banyuwangi ini di antaranya dari instansi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan pelaku sektor swasta lainnya.

"Kami mengapresiasi langkah para pelaku usaha untuk saling bahu membahu mendukung program Banyuwangi. Kami sadar usaha pemerintah saja tidak cukup, dan butuh kolaborasi dari seluruh elemen termasuk forum TSP ini," kata  Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat.

Pembentukan Forum TSP ini difasilitasi oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (United States Agency for International Developmen/USAID) lewat program Tata kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien dan Kuat (ERAT) yang fokus-nya pada isu eksisting seperti stunting, putus sekolah, kemiskinan ekstrem, Kpernikahan dini hingga kematian ibu dan bayi.

"Terima kasih pemerintah pusat yang terus mendukung pengembangan Banyuwangi. Kami berharap dengan dibentuknya forum ini efektivitas tata kelola dan layanan publik di Banyuwangi semakin meningkat, termasuk target Banyuwangi nol stunting dan pengurangan kemiskinan," ucap Ipuk.

Menurut dia, dengan cara gotong royong akan lebih mudah menyelesaikan berbagai permasalahan di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

"Forum ini akan lebih mengoptimalkan aksi mendukung kebijakan prioritas Pemkab Banyuwangi. Seperti memulai upaya pengentasan stunting, juga berbagai program lainnya yang pelaku usaha juga bisa ikut andil di dalamnya," kata Ipuk.

Sementara Provinvial Governance Advisor USAID ERAT Jawa Timur, M Iksan mengatakan bahwa melalui forum ini dimaksudkan agar program dan kegiatan tanggung jawab sosial yang dilaksanakan pelaku usaha bisa fokus dan terarah.

"Kami berharap dengan forum ini terbangun pemahaman semua pemangku kepentingan, sehingga bisa bersama-sama menangani stunting sebagaimana yang diharapkan oleh Ibu Bupati," katanya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023