Ratusan anggota Barisan Serbaguna (Banser) Kabupaten Lumajang ikut membantu pengamanan Hari lahir Satu Abad NU di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa, 7 Februari 2023.

"Sebanyak 300 pasukan Banser Lumajang turut mengemban tugas dalam mengamankan acara Peringatan Harlah Satu Abad NU yang digelar di Sidoarjo," kata Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati saat memberangkatkan rombongan di Pendapa Arya Wiraja Lumajang, Senin.

Menurutnya pengamanan itu sangat penting dilakukan karena di Stadion Gelora Delta Sidoarjo akan dipadati oleh ratusan ribu jamaah nahdliyin yang diperkirakan 1 juta lebih warga NU akan hadir pada Resepsi Harlah 1 Abad NU.

"Saya berharap pasukan Banser Lumajang yang melaksanakan tugas keamanan di Sidoarjo agar dapat mengendalikan dan mengamankan situasi yang ada di lokasi bisa kondusif," tuturnya.

Wabup yang biasa disapa Bunda Indah itu berpesan agar seluruh pasukan Banser Lumajang selalu kompak dan menjaga kesehatan saat melaksanakan tugas keamanan acara HUT Satu Abad NU di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

"Hati-hati dan tetap waspada, lakukan tugas dengan baik serta amanah, jaga kesehatan karena itu yang paling utama bagi petugas keamanan," katanya.

Selain anggota Banser, ribuan jamaah NU Lumajang juga diberangkatkan untuk memeriahkan puncak resepsi Harlah Seabad NU dengan pengawalan ketat dari aparat kepolisian.

Rombongan jamaah NU asal Kabupaten Lumajang berangkat dengan menggunakan 126 kendaraan yang terdiri dari 11 bus, 85 kendaraan jenis elf, dan 30 mobil pribadi.

Wakil Ketua PCNU Kabupaten Lumajang Achmad Salakhudin mengatakan bahwa pemberangkatan warga nahdliyin Lumajang hingga saat ini sudah tercatat sekitar 4.600 orang berangkat bersama-sama untuk menghadiri Harlah Seabad NU di Sidoarjo.

"Rombongan jamaah NU yang berangkat sudah dipersiapkan sebulan yang lalu dan yang berangkat sekitar 4.600 orang. Kami berangkat kumpul di Stadion Semeru Lumajang sebelah timur," ujarnya.

Jamaah NU asal Kabupaten Lumajang diberangkatkan dalam beberapa gelombang agar tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Setiap rombongan dikawal dan ada juga petugas dari aparat kepolisian setempat yang ditempatkan di dalam bus demi menjaga keamanan jamaah.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023