Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi menemui Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membahas pengembangan ekonomi khusus terkait dengan Industri metal dan baja.

"Pertama, keinginan Jepang untuk mengembangkan industri turunan tembaga dan daur ulang metal. Idenya adalah mengembangkan kawasan ekonomi khusus," kata Heri saat ditemui wartawan, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat.

Kemudian, lanjutnya, adalah mempromosikan Jawa Timur di Jepang, khususnya di bidang pariwisata dan ekonomi dengan tema promosi Kerajaan Majapahit sebagai inspirasi dunia.

"Intinya kalau lihat sejarah kita, Indonesia hanya ada dua kerajaan nusantara yakni Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Majapahit. Ini jadi warisan kebesaran kita ke depan, ditambah ketika Indonesia diakui keberhasilan G-20 kemarin," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur wanita pertama di Jawa Timur tersebut menyampaikan apresiasi atas kehadiran pria asli Ponorogo tersebut dalam memberikan semangat baru berkaitan upaya peningkatan ekonomi masyarakat.

"Kerawuhan Pak Dubes akan membawa suasana nusantara jadi referensi dunia, Bhinneka Tunggal Ika juga jadi referensi dunia dan ini jadi bagian dalam membangun peradaban dunia," katanya.

Dalam pertemuan yang dihadiri sejumlah instansi terkait termasuk Konsulat Jenderal Jepang tersebut, Gubernur Khofifah memberi plakat timbul bergambar logo Surya Majapahit.

Selain itu, Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi menyerahkan buku yang berjudul "Inspirasi Majapahit".

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023