Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak mengharapkan Tim Penggerak PKK Kota Batu untuk mampu mengoptimalisasi sejumlah potensi yang ada di daerah setempat.

Arumi yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur, Kamis, mengatakan terdapat sepuluh program kegiatan pokok di Kota Batu yang telah dilaksanakan sesuai dengan Rencana Strategi Tim Penggerak PKK.

"Saya mengharap untuk ditindaklanjuti sesuai potensi dengan program kerja tim penggerak PKK pusat, yang disesuaikan dengan potensi daerah, potensi sumber daya manusia dan ketersediaan anggaran melalui Program Unggulan Bidang Umum Pokja 1 hingga 4," kata Arumi usai melantik Pj Ketua TP PKK Kota Batu.

Suami Emil Elestianto Dardak tersebut menambahkan beberapa program yang perlu didorong tersebut antara lain modernisasi gerakan PKK melalui program peningkatan kualitas kelembagaan dan kompetensi Kader PKK, serta program inovasi.

"Kemudian, program terobosan, digitalisasi tata usaha administrasi dan pengembangan data PKK kabupaten/kota," katanya.

Dalam kesempatan itu, Arumi melantik Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK yang sekaligus Plt Ketua Dekranasda Kota Batu, Dwi Mardiana Susilawati Aries Agung Paewai. Ia mengapresiasi berbagai prestasi dan inovasi yang dilakukan oleh TP PKK Kota Batu.

Arumi berpesan agar Pj Ketua TP PKK dan Plt Ketua Dekranasda Kota Batu dapat lebih memaksimalkan pertumbuhan dan pengembangan industri kerajinan di Kota Batu.

"Perlu adanya fasilitasi dan pembinaan bagi perajin untuk meningkatkan daya saing melalui pembinaan terpadu lintas OPD sebagai upaya pengembangan produk kerajinan yang mempunyai ciri khas budaya daerah," katanya.

Ia menilai Kota Batu memiliki potensi yang sangat luar biasa dalam bidang pariwisata yang berperan dalam penumbuhan ekonomi daerah. Selain itu, juga didukung dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang tersedia.

Ia mengharapkan Dekranasda Kota Batu bisa membantu Pemprov Jatim utamanya dalam menggerakkan ekonomi daerah melalui berbagai upaya strategis pembinaan kewirausahaan, peningkatan kualitas produk kerajinan dan peningkatan ketrampilan perajin.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menyatakan bahwa untuk mencapai hasil optimal dalam program Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Kota Batu, dibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak.

"Kami tidak mungkin bekerja dan berdiri sendiri, kami butuh kolaborasi. Kolaborasi terbaik oleh TP PKK dan Dekranasda tidak hanya di Batu namun juga di Jawa Timur. Utamanya menurunkan jumlah kasus angka stunting," kata Aries.

Oleh karena itu, lanjut Aries, dirinya meminta kolaborasi seluruh OPD di masing-masing sektor agar kemiskinan dan stunting di Kota Batu semakin cepat ditangani. Dimana menurutnya PKK menjadi leading sector mumpuni dan efektif.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023