Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara resmi membuka pembangunan infrastruktur jalan menuju kawasan Wisata Merak Baluran, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Senin.

Pemkab Situbondo membuka dan membangun akses jalan sejauh 10 kilometer dari Dusun Sidomulyo ke Dusun Labuhan Merak, Desa Sumberwaru, itu karena selama ini hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

"Ini luar biasa Bupati Karna Suswandi membangun akses jalan ke kawasan wisata Merak Baluran ini. Mudah-mudahan akses jalan ini bisa memberi manfaat yang besar kepada masyarakat di Dusun Labuhan Merak," kata Gubernur Khofifah dalam sambutannya.

Menurut dia, proses untuk membuka dan membangun akses jalan di kawasan Taman Nasional Baluran itu memang tidak mudah, karena perizinannya langsung ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Proses perizinan membangun akses jalan ini tidak sederhana, Pak Bupati Situbondo menembus Kementerian LHK. Karena harus membelah kawasan konservasi Taman Nasional Baluran," kata gubernur.
 
Gubernur Jatim Khofifah Ondar Parawansa didampingi Bupati Karna Suswandi tandatangani prasasti akses jalan ke kawasan Merak Baluran Situbondo. Senin (9/1/2023) ANTARA/Novi Husdinariyanto


Gubernur juga mengingatkan masyarakat yang tinggal di Dusun Labuhan Merak agar tetap menjaga daya dukung alam dan lingkungan di kawasan Taman Nasional Baluran.

"Akses jalan sudah ada, dan akses makin terbuka. Jadi masyarakat harus tetap menjaga ekosistem di Taman Nasional Baluran," tutur Khofifah.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi menyatakan bahwa tujuan utama membangun akses jalan adalah untuk kesejahteraan masyarakat di Dusun Merak, dan peningkatan perekonomian warga dari dampak akses yang layak tersebut.

"Saya membangun akses ini tujuan utama untuk kesejahteraan masyarakat, bukan PAD. Pendapatan asli daerah atau PAD akan berjalan beriringan. Karena ketika banyak pengunjung ke Merak Baluran, uang beredar akan semakin banyak, sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat makin baik," ucap dia.

Dari pantauan, peresmian akses jalan Merak Baluran oleh Gubernur Khofifah ini diawali pemerian santunan kepada anak yatim dan piatu, dan membagikan paket sembako kepada masyarakat kurang mampu. 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023