Juara bertahan Nasser Al Attiyah mencatatkan waktu tercepat pada etape enam Reli Dakar 2023 di Riyadh, Arab Saudi, Jumat dan memantapkan posisinya di puncak klasemen kategori mobil.

Pebalap Qatar itu mengendarai mobil Toyota Hilux-nya tanpa kendala berarti pada special stage sejauh 358km dari Ha'il ke Riyadh itu dan diuntungkan oleh sejumlah masalah yang dialami rival-rivalnya setelah titik 236km.

Al Attiyah mempertahankan keunggulan yang cukup untuk mengalahkan Sebastien Loeb dari tim BRX, yang finis tiga menit 29 detik dari sang pebalap Toyota.

Henk Lategan mengungguli Guerlain Chicherit untuk melengkapi podium, nyaris sembilan menit di belakang pemenang etape hari ini.

"Ini etape yang sangat berat, tidak mudah," kata Al Attiyah setelah merebut kemenangan etape ketiganya pada Dakar tahun ini.

"Kami tampil sangat menekan tapi pada 40km terakhir kami mengalami kerusakan pompa kemudi, jadi kami tidak bisa menyetir.

"Kami mendapati kebocoran oli yang parah, tapi kami mencoba memperbaikinya dan menuju ke Riyadh."

Dengan kemenangan itu, Al Attiyah memegang kendali klasemen dengan margin lebih dari satu jam dari rekan satu timnya di Toyota, Henk Lategan yang menghuni peringkat dua setelah duet tim rival Audi mengalami kecelakaan pada hari ini.

Mobil Audi RS Q e-tron yang dikendarai pebalap Prancis Stephane Peterhansel, yang mengantongi 14 gelar Dakar, mengalami kecelakaan setelah titik 212km.

Penyelenggara menyatakan co-pilot Edouard Boulanger mengalami cedera akibat benturan sehingga menyebabkan mitra Peterhansel itu mengalami sakit di punggungnya.

"Dia telah dievakuasi oleh tim medis Dakar ke rumah sakit di Buraydah untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut," demikian laman resmi Dakar.

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023