Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur Imam Utomo memimpin apel memperingati Hari Relawan 2022 yang berlangsung di Alun-Alun Bojonegoro, Rabu.

Dalam amanatnya, Imam Utomo menginformasikan bahwa selama bulan Desember ada dua peringatan hari relawan, yakni peringatan relawan internasional pada 5 Desember dan relawan Tanah Air setiap 26 Desember.

"Untuk peringatan Hari Relawan 26 Desember dilakukan sehari setelah adanya bencana tsunami di Aceh yang merenggut ribuan jiwa tahun 2004," ujarnya.

Imam Utomo didampingi Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah serta relawan dan KSR kabupaten/kota se-Jatim, BPBD, PMR dan TNI Polri.

Pada kesempatan tersebut, mantan Gubernur Jatim itu memberikan penghargaan kepada relawan yang memiliki dedikasi tinggi dalam kegiatan kemanusiaan, khususnya saat menjadi Satgas COVID-19 PMI. 

Masing-masing Lucky Febriansa dari PMI Kota Surabaya, Ahmad Zaenuri dari PMI Bojonegoro, dan O'o Prasetyo dari PMI Bojonegoro.

Selain itu, kepada tiga orang juga diberikan penghargaan sebagai relawan tanggap darurat bencana awan panas guguran Gunung Semeru.

PMI juga menyerahkan bantuan sembako kepada warga Bojonegoro yang membutuhkan bantuan berupa beras dan bahan pokok lainnya.

Sementara itu, Imam Utomo berharap para relawan tetap berlatih dengan baik dan melayani masyarakat.

Sebab, kata dia, bencana itu datang secara tiba-tiba sehingga PMI harus siap di lokasi bencana enam jam setelah kejadian. 

"Cuaca akhir-akhir ini sangat ekstrem, hujan sangat deras disertai angin dan petir. Itu semua memerlukan kewaspadaan semua relawan PMI di Jawa Timur," kata mantan Pangdam V/Brawijaya tersebut.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022