Perusahaan pendingin ruangan, PT Daikin Airconditioning Indonesia (Daikin) bersama Yayasan Benih Baik Indonesia menyalurkan ratusan paket sembilan bahan pokok (sembako) untuk warga yang terdampak awan panas guguran (APG) Gunung Semeru. 

"Di antara rasa duka kami pada warga terdampak, kami bergerak dan sekaligus berharap semoga bantuan ini dapat menjadi penyemangat masyarakat dalam melewati masa ini," Presiden Direktur Daikin, Ching Khim Huat dalam keterangan yang diterima di Surabaya, Rabu.

Sebelumnya, penyerahan dukungan secara simbolik ini diberikan pada Andy F Noya sebagai salah satu pendiri Yayasan Benih Baik Indonesia di kantor pusat Daikin di Jakarta. 

Berada di kabupaten Lumajang, Gunung Semeru tercatat sebagai salah satu gunung berapi aktif di Indonesia. Sejak erupsi besar pertamanya di tahun ini pada 4 Desember lalu, aktivitas Gunung Semeru masih terbilang aktif dengan berbagai rentetan erupsi susulan setidaknya hingga 19 Desember kemarin. 

Dampak dari APG dan masih tingginya potensi bahaya dari berbagai material yang terbawa bersama erupsi ini, seperti guguran lava dan awan panas memaksa sebagian warga masih memilih hidup dalam pengungsian, sementara sebagian lainnya kesulitan beraktivitas memenuhi kebutuhan hariannya. 

Lebih lanjut terkait penyaluran donasi, Daikin melalui stafnya bersama Benih Baik pun terlibat langsung dalam penyaluran bantuan kepada dua dusun terdampak, yaitu Dusun Wono Agung yang berada di Desa Sumber Mujur dan Dusun Wono Sari.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022