Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Ermarini mengajak petani untuk selalu berinovasi sehingga nantinya hasil pertanian bisa semakin baik.

Ia menyampaikan salah satu yang krusial adalah jaringan irigasi. Jika saluran irigasi dibangun dengan baik, maka hasil pertanian nantinya juga bisa bagus. 

"Saya senang sekali karena RJIT (Rehabilitasi jaringan irigasi tersier) berjalan baik. Ini harapan saya untuk para petani demi memperlancar pertaniannya," katanya dalam rilis yang diterima, Selasa. 

Anggia yang juga Ketua Umum PP Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) tersebut saat dialog dengan warga di Desa Desa Gombang, Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung, juga berharap, petani selalu berinovasi pada pertaniannya sehingga nantinya hasil pertanian juga menjadi lebih bagus lagi.

Kepala Desa Gombang Freejun Gintano mengatakan bersyukur para petani di daerahnya mendapatkan bantuan untuk perbaikan jaringan irigasi tersier.

"Di Desa Gombang diberikan saluran sepanjang 87 meter. Ini bisa membantu petani, karena masalah di desa ini adalah genangan air. Dengan saluran dan untuk buang air saat debit tinggi," kata Gintano.

Dirinya menjelaskan, mayoritas warga di Desa Gombang bekerja sebagai petani. Dengan rehabilitasi jaringan irigasi tersier ini tentunya sangat membantu sekali bagi petani. 

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Ermarini mengunjungi desa itu untuk memastikan kebutuhan petani bisa terbantu. Dalam acara itu juga digelar syukuran bersama para petani yang dilanjutkan dengan makan bersama.

Selain itu, Anggia dan rombongan juga menghadiri acara penyerahan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) serta peresmian Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Pondok Pesantren Al Istighotsah, Kelurahan Panggungrejo, Kecamatan Kutoanyar, Kabupaten Tulungagung.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022