Pemerintah Provinsi Jawa Timur  (Pemprov Jatim) menyatakan siap membantu pelayanan sanggar pendidikan bagi keluarga pekerja migran Indonesia (PMI) di Malaysia.  

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di antaranya akan menggandeng perguruan tinggi di Jatim agar mengirimkan para mahasiswanya untuk melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Malaysia.

"Terkait anggaran operasionalnya akan kita koordinasikan apakah memungkinkan dibantu oleh Badan Amil Zakat Nasional atau menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah/ APBD," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Senin.  

Menurutnya, jika melalui APBD, maka dibutuhkan telaah agar program ini dapat terlaksana dengan baik.

"Komitmen ini selaras dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan PMI," ujarnya. 

Tidak hanya layanan pendidikan kesetaraan, Gubernur Khofifah juga berharap para peserta didik di sekolah Indonesia luar negeri mendapatkan pelatihan keterampilan serta pembelajaran mengenai budaya Indonesia.

"Keterampilan siswa ini menjadi sangat penting. Sebab ketika mereka lulus dan harus mencari pekerjaan di Malaysia akan memiliki kompetensi yang memadahi. Begitu juga terkait budaya Indonesia yang tidak boleh hilang dari setiap generasi kita meski hidup di negeri rantau," tutur orang nomor satu di Jatim tersebut.

Mulai hari Gubernur Khofifah mengawali lawatan kerja di Malaysia. 

Mantan Menteri Sosial itu telah bertemu dengan Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Hermono di Wisma Duta Indonesia, Jalan U Thant Kuala Lumpur, Minggu (19/12) malam. 

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Atase Perdagangan Malaysia Deden Muhamad Fajar Shiddiq, Pelaksana Fungsi Ekonomi M Arief Prio Wahono serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah Pemprov Jatim.

Tak hanya terkait pendidikan, dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah juga menyampaikan program misi dagang antarnegara yang diusungnya dalam kunjungan ke Kuala Lumpur. 

"Misi dagang yang biasa kami gelar antar provinsi di Indonesia kini juga dilakukan antarnegara. Diharapkan mampu mendongkrak neraca ekspor Jatim ke Malaysia," kata Gubernur Khofifah. (*)

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022