Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengantisipasi gelombang COVID-19 varian baru dengan terus menggencarkan sosialisasi protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat di kabupaten setempat.

"Dinas kesehatan tetap konsisten melakukan sosialisasi prokes melalui berbagai media dan pengawasan, terutama sosialisasi tentang pentingnya pemakaian masker dalam aktivitas sehari-hari," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq dalam rapat paripurna di DPRD kabupaten setempat, Selasa.

Menurut dia Kabupaten Lumajang masuk dalam kriteria level satu sesuai Inmendagri Nomor 47 Tahun 2022 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) COVID-19 di Jawa dan Bali.

"Inti dari PPKM level satu adalah masyarakat bisa beraktivitas dan bekerja seperti biasa, namun dengan menjalankan prokes seperti memakai masker di tempat-tempat umum dan juga menjaga kebersihan tangan dengan penyanitasi tangan," tuturnya.

Ia menjelaskan masyarakat di Kabupaten Lumajang bisa beraktivitas seperti biasa, namun dengan tetap menjalankan protokol kesehatan utamanya menggunakan masker di tempat umum.

"Kami mengimbau agar seluruh masyarakat Lumajang dapat menjaga kesehatan dengan menjalankan prokes saat beraktivitas di tempat-tempat umum, meskipun PPKM berada pada level satu," katanya.

Kementerian Kesehatan mengumumkan adanya varian baru COVID-19 yakni Omicron XBB, bahkan pada awal November 2022 tercatat kenaikan COVID-19 di Indonesia dalam kurun waktu sepekan terakhir seiring dengan hadirnya varian XBB.

Untuk itu, masyarakat diminta untuk memproteksi diri dengan melengkapi vaksinasi booster dan disiplin menerapkan protokol kesehatan di tempat umum dan keramaian.

Dalam kurun satu minggu terakhir pada awal November 2022 terjadi kenaikan kasus COVID-19 di 30 provinsi di Indonesia dan pada level nasional juga terjadi peningkatan kasus sekitar 4.700 – 4.900 kasus, sehingga tren kenaikan kasus disinyalir terjadi seiring dengan ditemukan nya varian XBB di Indonesia.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022