Wali Kota Madiun Maidi mengapresiasi semangat warga Madiun dan sekitarnya dalam mendukung Provinsi Jawa Timur untuk bangkit yang salah satunya ditunjukkan dengan sikap antusiasme mengikuti kegiatan jalan sehat dalam rangka peringatan Hari Jadi Jatim ke-77. 

Kegiatan jalan sehat yang mengambil tema "Optimis Jatim Bangkit" tersebut digelar di kawasan depan Kantor Bakorwil I Madiun di Jalan Pahlawan, Kota Madiun pada Sabtu 5 November 2022 dan diikuti oleh ribuan warga dari wilayah eks-Keresidenan Madiun.

"Ini luar biasa. Masyarakat semuanya mau diajak olahraga supaya tubuh sehat. Dengan tubuh yang sehat maka mendukung pembangunan pemerintah untuk bangkit dan maju," ujar Wali Kota Maidi disela kegiatan Jalan Sehat Optimis Jatim Bangkit, Sabtu.

Dalam kegiatan yang semarak tersebut juga diberikan Program Perlindungan Sosial Penanganan Dampak Inflasi dan Kenaikan Harga BBM. Karena itu, beberapa Pemda di jajaran Bakorwil I Madiun, turut ambil bagian. 

Salah satunya adalah Pemkot Madiun. Dalam kesempatan itu, Pemkot Madiun membuka beberapa stan, seperti Warung Tekan (Wartek) Inflasi.

Pada Wartek Inflasi tersebut, Pemkot Madiun Madiun menyediakan bahan pokok serba murah. Seperti beras dijual Rp39.500/5 kilogram, gula pasir Rp10.500, minyak 1 liter Rp10.000, dan telur ayam ras sebesar Rp21.500 per kilogram.

"Untuk menekan inflasi dan meringankan beban warga, Pemkot Madiun sengaja memberikan subsidi. Termasuk kepada pedagang pasar. Tujuannya, agar warga Kota Madiun tidak terbebani akibat kenaikan BBM," kata Maidi.
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono bersama Wali Kota Madiun Maidi dan jajaran Pemerintahan Provinsi Jatim dan Madiun Raya meninjau layanan perpustakaan dalam kegiatan Jalan Sehat Optimis Jatim Bangkit di kawasan depan Kantor Bakorwil I Madiun di Jalan Pahlawan, Kota Madiun, Sabtu (5/11/2022). ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun


Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyempatkan diri untuk memberangkatkan para peserta jalan sehat. Ia berpesan agar acara jalan sehat dapat dijadikan sarana mempersehat diri dan menikmati suasana wilayah Kota Madiun yang dijuluki sebagai Kota Pendekar tersebut.

"Ini sesuai dengan amanat Bu Gubernur untuk merayakan HUT tidak hanya di pusat provinsi saja. Insya Allah, semoga dengan jalan sehat ini, warga Madiun bisa sehat jasmaninya, sehat rohaninya, dan sehat dompetnya. Silakan nikmati jalanan kota. Jangan lupa perhatikan pengguna jalan yang lain dan jaga kebersihan," ujar Adhy Karyono.

Kemudian bersama Wali Kota Madiun Maidi, Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya, dan Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto, pihaknya menelusuri jalanan kota yang menjadi rute jalan sehat dengan jarak tempuh sekitar 2,5 kilometer.

Yakni, dimulai dari depan kantor Bakorwil Madiun, rombongan menyusuri Jalan Pahlawan di depan Gereja Katolik St Cornelius dan Balai Kota. Mereka kemudian menyempatkan diri melihat replika Patung Merlion, Ka'bah, dan Menara Eiffel di kawasan Pahlawan Street Center.

Saat mengunjungi replika Ka'bah, jajaran Pemerintahan Provinsi Jatim dan Madiun Raya tersebut melantunkan talbiyah yang merupakan bagian dari syiar haji maupun umroh.

"Hanya dengan waktu sebentar, saya sudah mengunjungi beberapa negara sekaligus. Terima kasih saya sudah diajak jalan-jalan, saya belajar banyak dari melihat infrastruktur di Madiun ini. Karena ternyata Madiun sudah bagus sebagai smart city bahkan dengan 1.960 WiFi yang tersebar," kata Sekda Prov Adhy.

Setelahnya, rombongan berjalan memutar ke Jalan Jawa melewati Gereja Protestan Jamaat Gamaliel. Kemudian, melintasi Jalan R.A Kartini dan kembali ke titik awal.

Selain jalan sehat, Pemprov Jatim juga mengadakan undian kupon dengan berbagai hadiah dalam kegiatan tersebut. Antara lain tiga sepeda motor sebagai hadiah utama, dua sepeda listrik, belasan sepeda kayuh, serta peralatan elektronik rumah tangga seperti kipas angin dan lainnya.

"Ini hadiah dari Ibu Gubernur, mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat. Minta doanya juga supaya beliau selalu sehat," katanya.

Terdapat banyak rangkaian kegiatan pada acara jalan sehat tersebut. Seperti pelayanan kesehatan gratis, gelar pangan murah, pasar ikan murah, pelayanan HAKI, pelayanan SNI, pelayanan NIB, pelayanan pajak kendaraan bermotor, pelayanan donor darah, bursa kerja, pelayanan perpustakaan, konsultasi budi daya ternak, pembagian bibit produktif, dan bazar UMKM.

Sementara, Kepala Bakorwil I Madiun Eddy Supriyanto mengatakan, dalam rangka memulihkan kondisi ekonomi warga di wilayah kerjanya pasca pandemi telah menggelar berbagai kegiatan dalam rangka HUT Jatim. Seperti, gelaran Mataraman Art Festival dan puncak kegiatan jalan sehat hari ini.

Ia menyampaikan kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan untuk memfasilitasi peluang usaha bagi pelaku UMKM guna pemulihan perekonomian bangsa serta menggali potensi warga Jatim. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022