Bupati Jember Hendy Siswanto meraih penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai kepala daerah terbaik dalam mendukung program perlindungan nelayan berupa fasilitasi asuransi nelayan.

Sekda Pemprov Jatim Adhy Karyono menyerahkan penghargaan itu kepada Kepala Dinas Perikanan Pemkab Jember Indra Tri Purnomo yang mewakili Bupati Jember Hendy Siswanto yang digelar dalam serangkaian Peringatan Hari Jadi Ke-77 Provinsi Jatim tahun 2022 di Hotel Wisda Rengganis, Kabupaten Situbondo, Senin.

"Penghargaan itu diberikan kepada kepala daerah terbaik dalam mendukung program perlindungan nelayan berupa fasilitasi asuransi," kata Kepala Dinas Perikanan Pemkab Jember Indra Tri Purnomo yang mewakili Bupati Hendy Siswanto menerima penghargaan itu di Kabupaten Situbondo.

Selain Jember, penghargaan kepala daerah terbaik dalam mendukung program perlindungan nelayan juga diberikan kepada Kabupaten Tuban dan Kota Probolinggo dalam rangka HUT Pemprov Jatim tersebut.

"Penghargaan itu merupakan bukti Bupati Jember memiliki kepedulian terhadap kesejahteraan masyarakatnya terutama para nelayan. Hal tersebut sekaligus menjadi bentuk dukungan Kabupaten Jember dalam menjalankan instruksi presiden," tuturnya.

Menurutnya penghargaan yang diberikan tersebut bukan soal jumlah penerima jaminan sosial, tetapi apresiasi atas kepedulian bupati terhadap kesejahteraan masyarakat kecil.

"Meski telah mendapatkan penghargaan, hal itu tidak membuat kami berpuas diri karena tentunya perlu meningkatkan agar lebih baik lagi," katanya.

Berdasarkan data Dinas Perikanan Jember tercatat ada sebanyak 1.500 nelayan yang saat ini terdaftar sebagai peserta pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

"Tahun depan akan kami tambah menjadi 1.500 nelayan lagi yang mendapat kartu BPJS Ketenagakerjaan, sehingga nantinya berkelanjutan secara bertahap bagi nelayan yang lain," ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya mengajak kepada siapapun untuk meningkatkan kepedulian terhadap kesejahteraan masyarakat, termasuk semua pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Jember.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022