Pengurus Wilayah Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Timur menyalurkan bantuan bahan pagan pokok sebanyak 100-an paket ke sejumlah titik lokasi terdampak longsor di Kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung, Minggu.

Aksi sosial para cendeikiawan NU itupun mendapat sambutan hangat dari warga dan pengungsi yang terdampak langsung bencana longsor.

"PW ISNU Jatim bersama ISNU Tulungagung melakukan aksi peduli kepada masyarakat, korban tanah longsor dan banjir yang terjadi beberapa waktu," kata Ketua PC ISNU Tulungagung Mochamad Rifai.

Ada tiga titik longsor dan tanah gerak yang dikunjungi ISNU Jatim beserta rombongan tersebut, dan semuanya ada di wilayah Tanggungunung.

Paket bantuan sebagian disalurkan langsung ke masyarakat dengan menyerahkan paket kebutuhan pokok tersebut.

Pengurus PW ISNU dan PC ISNU didampingi perwakilan LazizNU dam NU Care mendatangi satu per satu rumah warga yang terdampak lalu menyerahkan bantuan paket bberisi sembako tadi.

"Kenapa kami pilih sembako, karena masyarakat terdampak ini kan banyak yang harus/terpaksa henti aktivitas sehingga untuk kebutuhan sehari-hari mereka butuh uluran tangan kita semua," kata Rifai.

Setelah menyalurkan semua bantuan, pengurus ISNU dan jajaran tidak langsung pulang. Dengan didampingi pengurus MWC NU dab Banser Tanggunggunung mereka meninjau langsung bangunan rumah penduduk yang retak ataupun terdampak tanah gerak lainnya.

Di lokasi ini, total ada 17 rumah warga yang terdampak tanah gerak.

Akibatnya, tujuh rumah kondisinya nyaris roboh. Pemilik rumah dan keluarganya pun terpaksa mengungsi, Senin (10/10).

"Tujuh rumah bahaya kalau ditempati. Kemungkinan harus direlokasi," tuturnya.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022